bank bjb


Berdampak Tak Baik, Jangan Konsumsi 5 Jenis Ikan Ini Secara Berlebihan

  Minggu, 13 Juni 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Ikan tuna. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Ikan salah satu makanan yang bergizi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang enak, ikan yang dIolah dalam berbagai jenis masakan pun menyehatkan.

Tapi, ada beberapa jenis ikan yang memang lebih merugikan daripada bermanfaat untuk kesehatan. Ikan-ikan dalam kelompok inilah yang seharusnya dihindari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side oleh Suara.com, jaringan Ayocirebon.com, 5 jenis ikan yang seharusnya Anda hindari dan batasi konsumsinya.

1. Makarel

Ikan tenggiri mengandung merkuri yang bisa terakumulasi dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai penyakit. Makarel Atlantik adalah ikan yang paling tidak berbahaya dalam hal ini dan Anda bisa memakannya sebanyak yang disukai.

2. Tuna

Tuna mengandung banyak merkuri, terutama tuna sirip hitam dan sirip biru. Selain itu, ada tuna kecil yang tumbuh bebas di toko karena hampir punah, Semua ikan ini berasal dari peternakan yang diberi antibiotik dan hormon.

3. Nila

Nila adalah ikan yang memiliki asam lemak sehat sedikit, tapi konsentrasi lemak di dalamnya berbahaya dan hampir sebanyak lemak daging babi. Kelebihan makan ikan nila ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan membuat tubuh lebih sensitif terhadap allergen.

4. Lele

Ikan lele bisa tumbuh berukuran kecil hingga cukup besar. Sayangnya, banyak pembudidaya ikan memberi hormon untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele sehingga kurang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi.

5. Pangasius

Sebagian besar pangasius berasal dari sungai Mekong yang dianggap sebagai salah satu badan air paling tercemar di dunia. Selain itu, fillet ikan patin juga mengandung peningkatan kadar nitrofurazone dan polifosfat (karsinogen).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

< !-- -->