bank bjb


Jadwal PPDB SMP Kota Cirebon 2021, Simak Caranya

  Jumat, 11 Juni 2021   Erika Lia
SMPN 1 Cirebon, sekolah yang dibangun pada masa kolonialisme Belanda ini dipandang sebagai tonggak sejarah pendidikan menengah pertama di Cirebon.(Ayocirebon.com/Erika Lia L)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP sederajat Tahun Ajaran 2021/2022 di Kota Cirebon dimulai 28 Juni 2021.

PPDB akan dilakukan secara daring yang dibagi 2 tahap. Tahap 1 untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua/wali dan anak guru, sedangkan Tahap 2 untuk jalur zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono menyebutkan, pendaftaran PPDB SMP Tahap 1 akan dimulai 28 Juni hingga 1 Juli 2021.

"Untuk pendaftaran Tahap 2 berlangsung pada 2-6 Juli 2021," katanya seusai rapat pembahasan pelaksanaan PPDB 2021 bersama Komisi III DPRD Kota Cirebon di Gedung DPRD setempat, Jumat, 11 Juni 2021.

AYO BACA : Cek Jadwal Pendaftaran PPDB 2021 untuk SMA di Cirebon

Kuota untuk masing-masing tahap sebesar 50%. Bila kuota Tahap 1 tak terpenuhi, lanjutnya, siswa dapat mendaftar pada Tahap 2 melalui jalur zonasi.

Pengumuman PPDB semua jalur penerimaan diagendakan pada 7 Juli 2021. Sementara, tahun ajaran baru akan dimulai pada 15 Juli 2021.

Berbeda dengan PPDB tahun lalu, tahun ini, masa pendaftaran berlangsung sama antara sekolah negeri dan sekolah swasta.

"Tahun ini, masa pendaftaran ke SMP negeri dan swasta start-nya sama. Tahun lalu berbeda," ujarnya.

AYO BACA : Ini Kuota dan Syarat 4 Jalur PPDB SMA 2021 di Cirebon

Dia pun memastikan sistem untuk pelaksanaan PPDB telah siap. Sosialisasi pula telah dilakukan.

Diketahui, SMP negeri di Kota Cirebon sejumlah 18 sekolah, sedangkan SMP swasta sebanyak 26 sekolah.

Saat pendaftaran, guru atau operator pada sekolah dasar (SD) akan membantu orang tua mendaftarkan anaknya ke SMP tujuan secara daring.

"Kalau memang ada orang tua yang tidak bisa mendaftarkan anaknya secara daring, nanti dibantu guru kelas 6 atau operator di SD tempat anak itu sekolah," paparnya.

Sebelum pendaftaran, orang tua menerima formulir dari SD tempat sang anak bersekolah untuk diisi.

Bila orang tua/wali tak dapat mendatangi SD untuk mendaftar daring, mereka cukup menyerahkan formulir tersebut kepada guru atau operator di SD sang anak.

"Nanti oleh guru atau operator akan didaftarkan kolektif secara daring sesuai isian pada formulir pendaftaran yang diserahkan orang tua," tambahnya.(erika lia)

AYO BACA : Catat, Ini SMA Terbaik di Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

< !-- -->