bank bjb


5 Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh Bagi Yang Rutin Bersepeda

  Jumat, 11 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
5 Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh Bagi Yang Rutin Bersepeda (Pic: LTB CHPT Bandung)

AyoCirebon.com - Apa manfaat pada tubuh jika rutin bersepeda ? Akhir-akhir ini bersepeda menjadi olahraga yang semakin banyak digemari oleh orang-orang, terutama di daerah perkotaan. Tak heran karena bersepeda memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh. Bersepeda secara rutin terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh baik luar maupun dalam.

Selain sebagai alat transportasi, bersepeda telah berkembang menjadi olahraga yang sangat digemari. Terutama akhir-akhir ini, dapat dilihat ada banyak orang-orang yang bepergian dengan menggunakan sepeda. Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang banyak dilakukan karena mudah dan memiliki banyak manfaat.

Berikut adalah manfaat bersepeda secara rutin yang dapat anda rasakan

1. Melatih stamina
Sering sekali dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari kita merasa lemas dan cepat lelah. Hal ini mungkin terjadi karena tubuh kita terbiasa untuk tidak bekerja dalam waktu yang lama. Dengan bersepeda, seluruh tubuh kita terutama paru-paru dan jantung akan dilatih sehingga stamina dalam tubuh kita akan meningkat. Jika stamina yang kita miliki sudah terasa cukup, kegiatan sehari-hari dapat kita lakukan dengan lebih maksimal.

AYO BACA : Mengenal Penny Farthing, Sepeda Unik Dengan Roda Raksasa

2. Mengendalikan kesehatan mental
Selain melatih tubuh, olahraga juga bermanfaat sebagai sarana refreshing untuk menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari. Terdapat banyak macam cara refreshing diri yang dapat kita pilih, mulai dari diam di rumah untuk bersantai atau pergi keluar untuk mencari suasana baru. Berseoeda juga adalah salah satu sarana refreshing yang bagus terutama bagi kesehatan mental. Hal ini karena ketika berseoeda, tubuh meghasilkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk mengurangi perasaan tidak nyaman yang dirasakan tubuh. Dengan bersepeda, tubuh semakin sehat dan pikiran pun semakin tenang.

3. Mengatasi resiko kanker dan penyakit jantung
Kanker dan penyakit jantung adalah momok yang menakutkan bagi semua orang. Cara untuk menghindari kedua penyakit itu adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan bersepeda. Ketika bersepeda, tubuh juga memproduksi hormon adrenalin, insulin dan kortisol yang berguna untuk melancarkan pembuluh darah, mengatur gula darah, memacu metabolisme tubuh dan melatih kemampuan otak.

4. Membantu mengontrol berat badan
Sudah tentu, olahraga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. olahraga sangat dianjurkan terutama untuk mereka yang merasa memiliki berat badan lebih dari yang mereka inginkan. Dengan berolahraga, khususnya bersepeda, tubuh akan bergerak dan lemak yang ada di dalam tubuh pun akan terbakar. Bersepeda juga dapat menjadi program diet yang manjur jika dibarengi dengan pola makanan yang seimbang.

5. Meningkatkan koordinasi otot tubuh
Ketika bersepeda, secara otomatis tubuh akan menyesuakan diri untuk menyeimbangkan koordinasi antara setiap kayuhan agar tidak terjauh. sekali saja terjadi ketidaksinkronan dapat mengakibatkan bahaya yang cukup fatal. Oleh sebab itu, bersepeda menjadi olahraga yang cocok untuk meningkatkan kekuatan, kerjasama dan koordinasi otot-otot didalam tubuh. 

Itulah 5 khasiat yang dapat anda rasakan ketika sudah bersepeda secara rutin. Selain sebagai sarana untuk mengolah tubuh, bersepeda juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan ketika bersepeda dengan memperhatikan peralatan yang hendak digunakan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

< !-- -->