bank bjb


5 Rekomendasi Museum Bagi Anda Yang Ingin Mengenal Cirebon

  Jumat, 11 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
5 Rekomendasi Museum Bagi Anda Yang Ingin Mengenal Cirebon

AyoCirebon.com - Ini dia 5 rekomendasi museum bagi anda yang ingin mengenal Cirebon. Cirebon adalah salah satu kota dengan banyak peninggalan budaya yang menarik untuk dipelajari. Selain terkenal sebagai Kota Udang, Cirebon juga terkenal karena memiliki sejarahnya yang panjang. 

Untuk mengikuti rentetan sejarah tersebut, berikut adalah museum-museum yang dapat anda kunjungi dengan keluarga.

1. Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Rizki Ardianto)

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Rizki Ardianto)

Rekomendasi pertama museum yang dapat anda kunjungi adalah Museum Pusaka Kasepuhan Kasepuhan Cirebon. Museum yang berlokasi di  jl. Kasepuhan no.15, Kesepuhan, kec. Lemahwungkuk, kota Cirebon ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Di museum ini, benda-benda kuno yang merupakan peninggalan leluhur disimpan dengan aman dan dirawat dengan baik. Ada lebih dari 1000 benda yang dapat pengunjung lihat, mulai dari  Ani-Ani, senjata khas, alat musik dan peralatan kesultanan lainnya. Ritual unik yang ada di museum ini adalah pembersihan khusus seluruh pusaka yang selalu dilakukan setiap tanggal 1 suro.

2. Museum Pusaka Keraton Kanoman

Museum Pusaka Keraton Kanoman, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Aris Riyanto Wijaksono)

Museum Pusaka Keraton Kanoman, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Aris Riyanto Wijaksono)

Museum yang berlokasi di jalan Winaon, kampung Kanoman, kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon ini juga merupakan museum yang tidak boleh anda lewatkan. Di museum ini tersimpan banyak benda peninggalan masa lampau mulai dari gamelan, ukiran dinding dan tombak. Bahkan ketika hendak memasuki area museumnya saja pengunjung akan disambut oleh kereta Jempana dan kereta kencana Paksi Naga Liman. Museum ini juga menyimpan barang-barang peninggalan yang pernah digunakan Sunan Gunung Jati, patung cupid pemberian Sir Thomas Raffles serta kursi Gading Gilang Kencana yang pernah digunakan oleh pangeran Walangsungsang, salah satu tokoh cikal bakal Kesultanan Cirebon.

3. Museum Trupark

Museum Trupark, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/inneke Tjandra)

Museum Trupark, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/inneke Tjandra)

Museum ketiga yang menjadi rekomendasi tempat untuk anda kunjungi adalah museum Trupark. Berbeda dengan konsep museum kebanyakan, museum Trupark ini lebih berfokus untuk memberi pengalaman kepada pengunjung terkait batik dengan interaksi dan edukasi ringan. Tidak sekedar menyuguhkan informasi mengenai batik, pengunjung akan didorong untuk melakukan swafoto dengan banyak area yang sudah disediakan, mulai dari batik mega mendung, topeng babakan lima, dan banyak lagi. Untuk dapat menikmati pengalaman baru tersebut, pengunjung hanya perlu menyiapkan tiket masuk sebesar Rp.50.000 dan datang ke gedung yang berada di dekat sentra batik ternama, Batik Trusmi. Museum ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 8 malam. 

4. Museum Kacirebonan

Museum Kacirebonan, Rekomendasi Museum Cirebon (Liputan6/Panji Prayitno)

Museum Kacirebonan, Rekomendasi Museum Cirebon (Liputan6/Panji Prayitno)

Fakta unik dari museum Kacirebonan ini adalah gedungnya yang masih menyatu dengan Keraton Kacirebonan, tempat tinggal bagi sultan dan keluarganya. Meski jika dilihat sekilas museum ini hanya nampak seperti bangunan keraton pada umumnya, namun ruangan-ruangan di dalamnya telah disulap menjadi museum untuk menyimpan banyak peninggalan berharga dari kerajaan Cirebon. Di museum ini pula disimpan Gamelan Denggung yang sudah terkenal akan kisah mistisnya. Museum yang terletak di jl. Pulasaren, Pulasaren, kec. Pekalipan, kota Cirebon ini dapat pengunjung datangi mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. 

5. Museum Kereta Singa Barong

Museum Kereta Singa Barong, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Singa Barong Carriage Museum)

Museum Kereta Singa Barong, Rekomendasi Museum Cirebon (Google/Singa Barong Carriage Museum)

Museum terakhir yang menjadi rekomendasi kali ini adalah museum Kereta Singa Barong. Letaknya ada di jl raya Jaga Satru, Kesepuhan, kec. Lemahwungkuk, kota Cirebon dan buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 6 sore, kecuali hari minggu yang hanya buka sampai pukul 12 siang. Museum yang masih bagian dari keraton Kasepuhan Cirebon ini memajang kereta Singa Barong, sebuah kereta yang pada pembuatannya terinspirasi dari hewan khayalan yang merupakan penggabungan tiga kebudayaan. Konon katanya kereta Singa Barong adalah kereta kencana tercantik yang ada di Cirebon.

Itulah rekomendasi museum yang bisa anda kunjungi untuk dapat mengenal Cirebon, terutama dari peninggalan dan warisan budayanya. Selalu ingat kata Soekarno “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah".

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

< !-- -->