Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Jika Ingin Awet Muda

  Kamis, 10 Juni 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Kurang olahraga bisa menyebabkan cepat tua. (dok. Ayobandung.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Menurut studi terbaru, batas untuk berapa lama manusia dapat hidup terletak antara 120 dan 150 tahun. Namun, para ahli menyebutkan banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi, yang dapat menyebabkan penuaan dini pada penampilan dan berbagai sistem tubuh.  

Berikut adalah lima pola sehari-hari yang membuat Anda lebih cepat menua, dilansir di Eat This oleh Republika, jaringan Ayocirebon.com.

 

1. Makan terlalu banyak gula

Makanan manis tidak hanya dapat menambah berat badan, tapi juga dapat membuat wajah Anda menua. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, gula yang dikonsumsi mengikat dan merusak kolagen dan elastin, senyawa yang menjaga kulit kita tetap kuat dan awet muda dan mencegah tubuh memperbaikinya.

AYO BACA : Rutin Konsumsi Kacang Tekan Risiko Sakit Jantung

Oleh karena itu, hindari minuman manis dan makanan olahan. \"Makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini,\" kata American Academy of Dermatology. 

Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan. 

2. Kurang tidur

Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda menjalani perawatan yang diperlukan, dan memperbaiki segala sesuatu mulai dari otak hingga kulit Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang melaporkan kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan skin barrier 30% lebih baik daripada mereka yang kurang tidur, dan mereka memiliki penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah.

Tidur yang cukup tampaknya menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia. Para ahli termasuk National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam setiap malam untuk disebut tidur berkualitas. Jika Anda mengalami kesulitan tidur atau kebanyakan tidur, atau Anda tidak bangun dengan perasaan segar, bicarakan masalah ini dengan dokter Anda.

3. Minum banyak alkohol

AYO BACA : Makan Dua Porsi Buah Setiap Hari Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Terlalu sering minum alkohol dapat membuat Anda menua sebelum waktunya di dalam dan di luar. Alkohol mengeringkan kulit dan menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan pembilasan, pembengkakan, dan kapiler yang rusak. 

Alkohol juga dapat merusak jantung dan mencegah hati dari detoksifikasi tubuh dengan benar dan memproses lemak dan karbohidrat. Untuk mencegah penuaan dini, dan untuk mengurangi risiko kanker atau penyakit jantung, para ahli merekomendasikan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu untuk wanita.

4. Kurang olahraga

Untuk menjaga jantung, otak, dan kekebalan Anda dalam kondisi prima dan untuk mencegah penuaan kulit dini, berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu.  

\"Olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda.\"  kata American Academy of Dermatology.  

The American Heart Association merekomendasikan 30 menit olahraga sedang seperti jalan cepat per hari untuk mencegah penyakit jantung. Bonus: Anda mungkin terlihat lebih muda saat melakukannya. 

5. Merokok

Rokok adalah ratusan racun dalam asap yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, mencegah oksigen dan nutrisi mencapai kulit. Merokok sangat mempercepat seberapa cepat kulit menua. 

Rokok menyebabkan kerutan dan kulit kusam dan pucat. Pada saat yang sama, racun tersebut merusak pembuluh darah, jantung, paru-paru, hati, dan ginjal.  Menurut sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa perokok memiliki kerutan tiga kali lipat dibandingkan bukan perokok. Jadi, berhentilah merokok. 

AYO BACA : Tak Aman Berhubungan? Hati-hati 6 Penyakit Menular Seksual Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar