Lebaran Teddy Syah Tanpa Rina Gunawan, Tak Boleh Ziarah Hingga Tradisi yang Diteruskan

  Kamis, 13 Mei 2021   Editor
Kebersamaan Teddy Syah dan Rina Gunawan. (Instagram/@fanssyah_t)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Tahun ini Teddy Syah tak bisa merayakan hari raya Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya saat sang istri Rina Gunawan masih ada.

Dia pun terkena imbas larangan ziarah kubur sehingga tak bisa mendoakan langsung sang istri di makamnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

"Memang belum (ziarah) karena berita begitu," kata Teddy Syah di rumahnya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, mengutip Matamata.com, jaringan Ayocirebon.com, Kamis, 13 Mei 2021.

Meski tak bisa berziarah ke pemakaman, bukan berarti Teddy Syah dan anak-anaknya tidak berdoa untuk almarhumah. Saat menggelar salat Ied di rumah, mereka bersama keluarga besar berdoa bersama.

"Tadi pagi abis solat Ied kita berdoa lah untuk almarhumah semua orangtua saya jadi sekaligus kita kirim doa bersama," ujarnya.

Menurut Teddy, biasanya Rina saat momen suci ini sibuk mengurusi berbagai hal, dari mulai hidangan hingga menyiapkan baju lebaran untuk keluarga.

"Jadi kalau Ramadhan gitu pasti baju seragam, makan, hidangan, bagaimana kita mau berangkat solat Ied. Jadi sudah ada hidangan, macem-macem lah, sudah krim ke sana, kue ini ke sini," kata Teddy Syah.

Lebaran tahun ini pun terasa berbeda. Dia harus turun tangan bersama anak-anaknya meneruskan rutinitas Rina Gunawan.

Tapi Teddy Syah merasa beruntung karena sang anak sudah beranjak dewasa menggantikan sosok sang ibu.

"Jadi tahun ini seperti saya juga harus kerja. Bagus anak-anak sudah besar saya mengintensikan pada mereka. Beli kue, kasih tetangga, sama-sama supaya enak seperti apa yang sudah bunda (Rina Gunawan) lakukan seperti biasanya," kata dia.

Meski jasadnya tak lagi bersama keluarga, Teddy dan anak-anaknya ingin menghadirkan sosok Rina Gunawan lewat kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap lebaran.

"Jangan sampai ada amal-amal ibadahnya yang dia lakukan jangan sampai kita nggak lakukan. Jadi itu kita coba jalankan," ujarnya.

Bintang sinetron Cinta Yang Hilang ini dan anak-anak sudah mulai bangkit dari kesedihan. Mereka berusaha menjadi kuat dengan kenangan Rina Gunawan.

"Anak-anak alhamdulillah sampai detik ini sudah semakin baik, sudah semakin kuat. Kita mudah-mudahan sudah mengikhlaskan, jadi ya insyaAllah terus semakin baik," katanya.

Rina Gunawan diketahui meninggal dunia pada pada Maret lalu. Dia dirawat di ruang ICU RSPP karena positif Covid-19. Selain itu, ia juga menderita penyakit asma dan paru-paru.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar