Malam Takbiran 2021 Tanggal Berapa?

  Jumat, 07 Mei 2021   Editor
ilustrasi malam takbiran. (Republika)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Malam takbiran kerap dirindukan masyarakat Indonesia. Malam itu menyuguhkan kehangatan sebelum umat Islam melaksanakan Hari Raya Idul Fitri esok harinya. Lalu tanggal berapa malam takbiran 2021?

Hal ini tergantung pada hasil pelaksanaan Sidang Isbat Idul Fitri 2021. Kementerian Agama mengagendakan kegiatan tersebut pada Selasa, 11 Mei 2021 atau bertepatan dengan tanggal 29 Ramadhan 1442 Hijriah. 

“Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," terang Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Mei 2021.

AYO BACA: Syarat Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2021 dari Satgas Covid-19 
AYO BACA: Sholat Idul Fitri 2021 Boleh di Masjid dan Lapangan Dengan Ketentuan Ini​

Sidang Isbat 2021 akan dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Lalu dihadiri Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas.

Dalam acara tersebut, akan dipaparkan soal posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Dilanjut usai Magrib, sidang dengan dipimpin oleh Menteri Agama yang diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,”  kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Agus Salim.

Terkait izin pelaksanaan Takbiran Idul Fitri 2021, itu masih dibolehkan. Namun warga mesti mengikuti sejumlah ketentuan yang dibuat oleh Gus Yaqut, sapaan akrab dari Menteri Agama.

AYO BACA: Sidang Isbat Idul Fitri 2021 Dilangsungkan Selasa 11 Mei
AYO BACA: Khutbah Idul Fitri Sebagai Tuntunan Sholat di Rumah 

Dalam surat edaran, Gus Yaqut menyantumkan ketentuan Takbiran Idul Fitri 2021 tersebut. Surat edaran itu juga menentukan terkait pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2021 dan sejumlah ketentuan lainnya. 

Mengutip Surat Edaran Menag Nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di Saat Pandemi Covid-19, Gus Yaqut menyampaikan  Malam Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan mushola.

Adapun ketentuan rinci Takbiran Idul Fitri 2021 sebagai berikut:

  1. Dilaksanakan secara terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan mushola.
  2. Memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.
  3. Kegiatan Takbir Keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian.
  4. Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushola sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan mushola.​

Gus Yaqut mengatakan aturan tersebut diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam di tengah pandemi Covid-19. Gus Yaqut pun menginstruksikan jajarannya menyosialisasikan panduan tersebut.

“Saya minta kepada seluruh jajaran Kemenag untuk segera menyosialisasikan edaran ini secara masif, terutama kepada pengurus masjid dan Panitia Hari Besar Islam serta masyarakat luas agar dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

AYO BACA: Ketinggalan Sholat Idul Fitri, Apakah Bisa Diganti?
AYO BACA: Tata Cara Sholat Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19 2021
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar