Hari Tanpa Diet Internasional Kampanye Menyayangi Tubuh

  Kamis, 06 Mei 2021   Handy Dannu Wijaya
Hari Tanpa Diet Internasional Kampanye Menyayangi Tubuh

AyoCirebon.com --  Hari Tanpa Diet Internasional atau International No Diet Day (INDD) merupakan peringatan yang biasa digelar pada tanggal 6 Mei setiap tahunnya. Agak terdengar aneh memang, tapi Hari Tanpa Diet Internasional ini bertujuan untuk mengkampanyekan agar setiap individu menyayangi tubuh dengan cara tidak sengaja membuatnya "terlihat" kurus.

International No Diet Day ini muncul karena fenomena banyaknya orang yang ingin kurus dan melakukan diet tanpa peduli pada kesehatan. Di Eropa, mayoritas perempuan yang ingin terlihat cantik dengan memiliki tubuh langsung mereka melakukan diet habis-habisan selama enam bulan jelang musim panas.

Bahkan banyak yang melakukan diet dengan cara instan untuk menurunkan berat badan seperti operasi atau suplemen khusus. Fenomena ini justru menimbulkan banyak korban akibat gaya hidup yang tidak sehat dan terlihat terlalu dipaksakan.

Pencetus Hari Tanpa Diet Internasional

Mary Evans Young International No Diet Day

Mary Evans Young adalah nama dibalik International No Diet Day. Dia yang merupakan seorang Feminis dari Inggris, gencar memerangi penyakit anoreksia, masalah bentuk tubuh, dan intimidasi selama bertahun-tahun. Pada tahun 1992, setelah melihat wanita lain mengalami nasib serupa, ia pun lalu mengambil tindakan. Mary Evans Young mengundang teman-temannya untuk memakai stiker “Ditch That Diet” dan sepenuhnya memeluk tubuh mereka selama sehari.

International No Diet Day atau Hari Tanpa Diet Internasional diciptakan oleh Mary Evans Young pada tahun 1992. Setelah secara pribadi Young  mengalami anoreksia nervosa atau gangguan kejiwaan dimana pengidapnya memiliki obsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sangat takut memiliki tubuh gemuk atau terlihat gemuk. Setelah terbebas dari gangguan kejiwaan itu, ia kerap membantu orang untuk menghargai diri mereka apa adanya, dan menghargai tubuh yang mereka miliki. 

Diet Sehat Dengan Olahraga

Diet dengan olahraga menjadi pilihan tepat asal tidak terlalu berlebihan. Cobalah olahraga ringan tetapi intens tidalukan. Yoga, pilates, dan peregangan memang tidak membakar kalori sebanyak latihan interval dan latihan beban. Selama sesi yoga yang merupakan bentuk latihan ketahanan, pengeluaran kalori pun tidak akan terlalu tinggi. Akan tetapi, jenis olahraga ini membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih lentur. 

Sebuah studi yang terbit di jurnal Obesity menunjukkan, konsistensi adalah faktor penting. Rutinitas olahraga yang stabil dan konsisten bersama pola makan sehat cenderung berhasil untuk pengelolaan berat badan jangka panjang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar