Tata Cara Sholat Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19 2021

  Rabu, 05 Mei 2021   Ananda Muhammad Firdaus
Walau Covid-19 ini membuat kesempatan Sholat Idul Fitri tak dilaksanakan seperti biasanya. Namun bukan suatu halangan sehingga ditinggalkan. (Foto Ayobandung.com/Kavin Faza)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Walau Covid-19 ini membuat kesempatan Sholat Idul Fitri tak dilaksanakan seperti biasanya. Namun bukan suatu halangan sehingga ditinggalkan.

Seperti diketahui, umumnya ulama berpandangan bahwa hukum Sholat Idul Fitri adalah sunnah muakkad atau ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Terkait imbauan pemerintah, tak terkecuali MUI, untuk melaksanakan ibadah di rumah lantaran pandemi Covid-19, hal ini pun mempertimbangkan pada dalil-dalil yang telah ada.

Lalu bagaimana melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah?

Menurut Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei, Sholat Idul Fitri di Rumah niat dan tata cara yang berlaku tetap sama dengan pelaksanaan biasanya.

Untuk berjamaah saat di rumah, syaratnya minimal ada empat orang. Terdiri dari satu orang imam dan tiga orang lainnya adalah makmum.

Sementara bila kurang dari itu, pelaksanaan sholat dilakukan munfarid alias sendiri. Munfarid juga bisa dilakukan kala tak ada imam yang bisa memimpin sholat.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Pertama, membaca niat Sholat Idul Fitri

"Ushalli sunnatan li idi fitri rak'atayni mustaqbilal qiblati ada'an imaman/ma'muman lillahi ta'ala".

Artinya: Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala.

Kedua, takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan. Lalu melakukan takbir sebanyak 7 kali.

Di setiap takbir melafalkan, "Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar." Dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek

Lalu gerakan-gerakan sebagaimana sholat, dengan melalukan ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua dan berdiri ke rakaat kedua.

Pada rakaat kedua, takbir sebanyak 5 kali dengan membaca, “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar." Dilanjutkan lagi Surat Al-Fatihan dan surat pendek setelahnya.

Kemudian kembali ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud. Lalu sujud kedua dan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam

Usai Sholat Idul Fitri dirampungkan, tibalah waktu khutbah dari khatib.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar