Salat Idulfitri di Kota Cirebon Mungkin Digelar, dengan Syarat Ini

  Rabu, 05 Mei 2021   Erika Lia
Alun-alun Kejaksan dengan Masjid At Taqwa, Kota Cirebon, di bagian belakang, dimungkinkan akan menjadi lokasi Salat Idulfitri 1442 H/2021 M kelak [Erika Lia]
KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Pelaksanaan salat Idulfitri 1442 H/2021 M di Kota Cirebon dimungkinkan terlaksana secara terbuka di masjid maupun lapangan. 
 
Kemungkinan itu terbuka bila mengamati situasi kasus Covid-19 di Kota Cirebon belakangan ini. 
 
Berdasarkan aplikasi Jaga Warga, sejauh ini dari 1.379 RT se-Kota Cirebon, mayoritas berzona kuning (penyebaran Covid-19 berisiko rendah) dan hijau (tanpa kasus). Hanya terdapat 1 RT berzona oranye (risiko sedang).
 
"Melihat tren itu, Pemkot Cirebon optimistis hampir seluruh masjid di Kota Cirebon bisa melaksanakan Salat Idulfitri," kata Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cirebon, Sutisna.
 
Dia meyakinkan, kemungkinan gelaran Salat Idulfitri sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomo 4 Tahun 2021.
 
Dalam surat tersebut, Salat Idulfitri dapat dilaksanakan di masjid maupun lapangan, kecuali di 1 daerah itu terjadi peningkatan kasus Covid-19 sesuai pengumuman Satgas Covid-19.
 
Terkait itu, bila kasus Covid-19 di Kota Cirebon terus landai hingga menjelang idulfitri kelak, salat berjamaah pun dapat terlaksana.
 
Alun-alun Kejaksan yang baru diresmikan pasca revitalisasi pun berpotensi digunakan sebagai salah satu lokasi salat.
 
"Kami dapat masukan, penambahan jamaah Salat Idulfitri nanti mungkin 40% dari jamaah Salat Jumat," tuturnya.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Moh. Ahsan menegaskan, Salat Idulfitri di Kota Cirebon dapat dilaksanakan di masjid maupun lapangan.
 
"Tapi ketentuannya harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19," tegasnya.
 
Prokes yang diterapkan antara lain menjaga jarak saf (barisan) 1,2 m, jamaah harus mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan mengusahakan menghindari kerumunan.
 
Ketua At Taqwa Center Kota Cirebon, Ahmad Yani mengungkapkan, telah menyiapkan pelaksanaan Salat Idulfitri.
 
"Secara teknis sudah kami siapkan, mengatur saf salat sudah, tak menggunakan cat, bersih menggunakan tali plastik," cetusnya.
 
Puluhan remaja Masjid Raya At Taqwa sendiri rencananya ditempatkan di pos-pos di sekitar Alun-alun Kejaksan dan halaman Masjid Raya At Taqwa yang jaraknya bersebelahan.
 
Mereka akan membagikan masker bagi jamaah yang luput mengenakannya, menyemprotkan cairan pembersih tangan, maupun mengukur suhu tubuh.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar