Hari Bidan Sedunia Kampanye Peran Bidan Dalam Kehidupan Manusia

  Rabu, 05 Mei 2021   Kontributor Cirebon
Hari Bidan Sedunia Kampanye Peran Bidan Dalam Kehidupan Manusia (Kemenkes)

AyoCirebon.com - Hari Bidan Sedunia diperingati setiap Tanggal 5 Mei atau International Day of The Midwife. Penetapan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bidan Sedunia sudah dimulai sejak tahun 80-an, tetapi secara formal diresmikan pada tahun 1992.

Salah satu tujuan diperingatinya Hari Bidan Sedunia ini adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Selain itu, Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga untuk keluarga Indonesia.

Bidan tidak hanya punya peran yang sangat krusial untuk memeriksa, membantu merawat, dan juga membantu persalinan untuk wanita hamil. Menurut Head of Reproductive Health and Andalan Business Unit Aditya Anugrah Putra, bidan juga berperan dalam meningkatkan derajat wanita, seperti melalui pelayanan kontrasepsi, memberikan imunisasi kepada bayi, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI).

Hasil survey pada tahun 2012 menunjukkan bahwa angka kematian ibu di Indonesia masih cukup tinggi, yaitu 359 jiwa setiap 100 ribu kelahiran hidup. Salah satu kendala yang menyebabkan AKI di Indonesia cukup tinggi adalah distribusi jumlah bidan kompeten yang belum merata.

Pemenuhan kebutuhan bidan di Indonesia dapat dilakukan dengan membuka dan memberikan izin perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan yang berkualitas.

Ucapan Untuk Hari Bidan Sedunia

"Jika ditanya profesi apa yang paling berat adalah bidan. Sebab ia menanggung dua nyawa, yakni ibu melahirkan dan bayi yang dilahirkan. Jadi Mari berterima kasih pada bidan yang selalu melayani ibu-ibu yang mengandung dan melahirkan."

"Happy International Midwives Day. Tetaplah semangat untuk belajar hingga meraih gelar bidanĀ  profesional. Jasamu kelak akan sangat bermakna untuk dua nyawa yang sedang bergantung nasib."

"Menjadi bidan memang bukan pekerjaan yang mudah. Meski begitu, tetaplah bekerja dengan penuh semangat dan tanggung jawab, tanpa mengenal pamrih. Selamat hari bidan sedunia!"

"Tak hanya emas jasamu, bahkan Kamu pun mampu menciptakan generasi emas untuk masa depan. Jadi banggalah dengan pekerjaanmu sekarang, dan tetaplah bersemangat. Selamat hari bidan sedunia"

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar