Amalan Saat Beritikaf di Mesjid di 10 Malam Terakhir Ramadhan

  Selasa, 04 Mei 2021   Republika.co.id
Amalan saat Itikaf di Mesjid

AYO BACA : Niat dan Tata cara itikaf Lengkap

AYO BACA : Doa Harian Puasa ke-23, ke 24, hari ke-25 Ramadhan 1442 H

AYOCIREBON.COM—Amalan saat beritikaf di Mesjid di 10 malam terakhir Ramadhan ada beberapa yang bisa dilakukan.

Sekretaris Bidang Dakwah Dewan Mesjid Indonesia  (DMI) Ahmad Yani mengatakan, banyak sekali amalan yang bisa dilakukan saat melaksanakan iktikaf. Menurutnya, iktikaf bisa saja diisi dengan melaksanakan shalat-shalat sunah seperti Shalat Tahajud, Shalat Tasbih, Shalat Mutlak, dan lain sebagainya.
\n 
\nIKtikaf juga bisa diisi dengan muhasabah atau melakukan introspeksi diri. Sehingga, kita bisa merenungi segala sesuatu yang telah kita perbuat selama hidup di dunia ini. Dengan begitu, kita bisa menakar sejauh mana perbuatan baik dan buruk yang telah dilakukan.
\n 
\n“Renungan tentang perjalanan hidup, jadi plus-minusnya apa? Yang baik ya ditingkatkan yang buruk ditinggalkan. Jadi pas Idul Fitri bisa meraih kebaikan,” kata dia dikutip Republika.co.id
\n 
\nAhmad melanjutkan, iktikaf juga bisa dijadikan awalan untuk melaksanakan taubatan nasuha, sebab setelah melaksanakan muhasabah, kita akan lebih menyadari dosa-dosa yang telah dilakukan. Meski sebenarnya untuk melaksanakan taubat tidak harus menunggu itikaf terlebih dahulu.
\n 
\nSeperti diketahui, itikaf secara bahasa berarti menetap pada sesuatu. Sedangkan secara syari, itikaf berarti menetap di masjid dengan tata cara yang khusus disertai dengan niat. Seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, pada sepuluh hari terakhir beliau selalu berada dalam mesjid dengan tujuan mendapatkan malam lailatul qadar dan menjauhkan dari segala kesibukan dunia, sehingga mudah bermunajat dengan Allah SWT.

AYO BACA : Ini Jadwal Tanggal Ganjil Malam Lilatl Qodar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar