10 Tips Menjaga Berat Badan Ideal saat Puasa Ramadhan 2021

  Selasa, 20 April 2021   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Tadarus saat bulan suci Ramadhan. Menjaga berat badan ideal saat bulan Ramadan merupakan tantangan tersendiri [ayobandung]

AYOCIREBON.COM -- Tips menjaga berat badan ideal selama bulan suci Ramadan.  Umat Islam terbiasa berkumpul bersama saat berbuka puasa untuk berbagi makanan lezat. Hidangan seperti gorengan, nasi, atau makanan penutup yang manis akan tersaji di meja menjadi godaan dalam menjaga berat badan ideal.

Banyaknya makanan yang disajikan ketika perut lapar kerap membuat khilaf hingga melahap semua makanan tersebut. Hal ini seringkali menyebabkan berat badan bertambah yang pada akhirnya dikeluhkan.

Ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai Sara Abdelghany mengatakan, dengan mengikuti tips sederhana pola makan selama Ramadan, penambahan berat badan selama Ramadan dapat dihindari sehingga memungkinkan semua orang menikmati bulan suci. Dilansir di Al Arabiya, berikut ini 10 tips menjaga berat badan selama Ramadan.

1. Pastikan mengonsumsi protein dan sayuran dalam porsi yang baik serta karbohidrat kompleks dalam jumlah sedang selama buka puasa dan sahur.

AYO BACA : Pendaftaran BLT UMKM Kota Cirebon Sudah Dibuka

2. Hindari makanan yang digoreng sebisa mungkin. Sebagai gantinya, makanan pembuka dan kue panggang oven untuk membatasi jumlah minyak yang dikonsumsi.

3. Hindari membangun kalori melalui minuman, seperti jus, minuman Ramadhan populer, dan minuman ringan.

4. Hindari terlalu banyak makan kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Meski sehat, mereka tetap tinggi kalori.

5. Hindari makan berlebihan hingga kekenyangan.

AYO BACA : 5 Situs Streaming Nonton Drama Korea Sub Indonesia Terbaru 2021

6. Pastikan setidaknya 70 persen camilan yang dimakan sehat. Manjakan diri dengan makanan penutup, tetapi batasi jumlah makanan manis yang dimakan.

7. Pastikan makan makanan yang tepat saat lapar dan hindari mengemil permen atau kue kering.

8. Hindari memiliki terlalu banyak pilihan dan variasi makanan ketika berbuka puasa atau sahur. Ini akan mendorong rasa ingin makan lebih banyak.

9. Jika sebelum Ramadhan sudah rutin berolahraga, jangan hentikan rutinitas tersebut. Hanya saja kurangi intensitas latihan dan usahakan berolahraga tiga hingga empat kali dalam seminggu.

10. Cobalah tetap aktif sepanjang bulan dan lakukan 10 ribu langkah setiap hari. Ini tidak harus dilakukan sekaligus dan dapat dibagi sebelum dan sesudah buka puasa.

 

AYO BACA : Niat dan tata Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar