Buka Puasa Sambil Manjakan Mata Ke-3 Tempat Makan 'Mewah' di Kecomberan Cirebon

  Senin, 19 April 2021   Erika Lia
Nuansa alam nan memanjakan mata yang dapat menemani saat buka puasa di Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

TALUN, AYOCIREBON.COM -- Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, punya keunggulan berupa suasana pedesaan nan menyejukkan mata dan hati. Di desa ini, setidaknya terdapat 3 tempat makan 'mewah' alias mepet sawah yang cocok untuk berbuka puasa seraya memanjakan mata.

Desa Kecomberan belakangan ramai dikunjungi pelancong. Nuansa alam berupa petak-petak sawah kerapkali jadi lokasi pelarian kaum urban dari hiruk pikuk kota.

Pelancong yang datang kemari kebanyakan mengunjungi tempat-tempat makan yang belakangan marak berdiri, khususnya di Jalan Ir. Soekarno. Selama lebih dari setahun terakhir, Desa Kecomberan ramai pelancong.

Mereka bukan saja pelintas yang kebetulan lewat. Tak sedikit di antara mereka yang menikmati pemandangan alam di tempat-tempat makan yang ada di sana.

Pada Ramadan kali ini, Ayocirebon.com merekomendasikan alternatif tempat berbuka puasa 'mewah' di Desa Kecomberan. Sambil menanti waktu berbuka, pelancong bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam--tentu bila tak ada awan mendung yang menggayut--di antara pucuk-pucuk tanaman padi.

Berikut ke-3 tempat makan 'mewah' yang bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa:

1. Warung Kopi Manis

kopi-manis

Warung Kopi Manis dikelilingi areal persawahan. Dengan dekorasi ala pedesaan, pengunjung dapat menikmati makanan tradisional, seperti nasi, sayur lodeh, sayur asem, ikan asin, tempe, semur telur, petai goreng/bakar, dan lainnya.

Ada pula jajanan tradisional, seperti ketan susu, keripik pisang, keripik ubi, pisang goreng, dan lainnya.

Menu minuman di warung ini antara lain kopi susu, es teh manis/tawar, teh tawar panas/dingin, dan beberapa minuman sejenis lainnya.

AYO BACA : Gubahan Musik Sampah Plastik, Berangkat dari Teror di Dalam Tanah

Pemandangan sawah di Warung Kopi Manis terutama dapat lebih leluasa dinikmati dari bagian belakang warung. Ada pula bagian samping warung yang langsung berbatasan dengan lahan pertanian.

Kursi dan meja disediakan bagi seluruh pengunjung. Warung Kopi Manis tak menawarkan gaya duduk lesehan.

Selama Ramadan, Warung Kopi Manis buka pukul 15.00-21.00 WIB. Harga makanan dan minuman di sini terhitung sangat terjangkau.

2. Paddi Cafe | Bistro

paddi-cafe1

Paddi Cafe | Bistro menyajikan hidangan berbeda dengan Warung Kopi Manis. Suguhan makanan di sini terdiri dari beberapa jenis, seperti nasi, pasta, mie, sop buntut, hingga empal gentong.

Tak ketinggalan makanan ringan juga ditawarkan, mulai pisang goreng, singkong sambel matah, roti mozarella, french fried, sosis goreng, calamari, dimsum, dan makanan sejenis lainnya.

Minuman yang ditawarkan antara lain aneka olahan susu, teh, kopi, dan olahan minuman menyegarkan lain. Harga yang ditawarkan di sini pun tak sampai mengoyak dompet.

Sisi terbaik saat buka puasa di Paddi Cafe | Bistro adalah pada bagian samping dan belakang. Spot favorit pengunjung berupa bagian samping kafe dengan gaya duduk lesehan.

Spot ini diminati sebab berbatasan langsung dengan areal sawah. Pada malam hari, pengunjung bisa mendengarkan suara jangkring atau kodok kala hujan turun.

Namun begitu, pemandangan sawah tetap dapat memanjakan mata pengunjung yang duduk di bagian dalam kafe. Pasalnya, ruangan kafe dikeliling kaca tembus pandang.

AYO BACA : Legenda Ki Jumad dan Larangan Menabuh Bedug di Masjid Desa Jatisawit Indramayu

Di bagian belakang kafe, pengunjung dapat menikmati suasana terbuka yang tepat bersebelahan dengan sawah.

Padi Cafe | Bistro buka pukul 15.00-21.00 WIB sepanjang Ramadan. Bulan puasa ini, pengunjung dapat menikmati menu beberapa paket buka puasa yang terdiri dari nasi dan lauk, makanan ringan yang manis, maupun minuman dingin/hangat.

3. Wardja Wedangan

Wardja Wedangan buka pukul 15.00-21.00 WIB selama Ramadan. Restoran satu ini punya dekorasi ala pedesaan.

Senada dengan nuansa restoran, Wardja Wedangan menyajikan makanan tradisional, antara lain nasi putih maupun nasi merah, ampas kecap, ayam goreng, bandeng gepuk, jengkol balado, ikan asin, aneka lalapan, tempe mendoan, aneka olahan telur, pepes, sayur tahu, hingga sambal dan urab.

Ada pula nasi goreng dan olahan mie. Sementara, jajanan yang ditawarkan seperti ketan goreng, aneka olahan pisang, bubur kacang, sukun goreng, rujak uleg, combro, kerupuk jengkol, dan masih banyak lagi.

Sesuai namanya, Wardja Wedangan punya menu andalan yang khas berupa macam-macam wedangan. Dalam Bahasa Jawa, Wedang berarti minuman panas.

Di sini, pengunjung dapat memilih beberapa menu wedangan, mulai wedang jahe gula jawa, wedang susu jahe, wedang bajigur, wedang bandrek, wedang uwuh.

Selain wedangan, ditawarkan pula olahan teh dan kopi, serta minuman segar lainnya.

Pemandangan sawah juga menjadi andalan Wardja Wedangan. Pengunjung dapat menikmati hidangan dengan kehijauan tanaman padi di sekelilingnya.

Serupa dengan 2 tempat makan 'mewah' lainnya, harga makanan dan minuman di sini pun tergolong ramah di kantong.

Nah, itulah 3 tempat makan 'mewah' di Kecomberan yang bisa dijadikan pilihan untuk berbuka puasa seraya menyejukkan mata.

AYO BACA : Warga 3 Desa di Kabupaten Indramayu Ramai-ramai jadi Jutawan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar