Amalan Pertama yang Dihisab saat Kiamat, Berikut Jadwal Salat dan Imsak Cirebon 16 April 2021

  Kamis, 15 April 2021   Erika Lia
ilustrasi doa. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Salat merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim yang dilarang untuk ditinggalkan.
 
Salat menjadi perkara pertama yang dihisab dari seorang hamba Allah Swt saat kiamat kelak.
 
Hadis Abu Hurairah:

عن أبي هريرة, قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول:”إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته, فإن صلحت فقد أفلح وأنجح, وإن فسدت فقد خاب وخسر, فإن انتقص من فريضته شيء, قال الرب عز وجل : انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ فرِيضَةِ ئِمَّ يكُونُ

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wassallam bersabda: “Sesungguhnya pertama kali amal hamba yang akan dihisab pada hari kiamat adalah salatnya. Jika salatnya baik, maka dia beruntung dan sukses, namun jika salatnya rusak, maka dia gagal dan rugi. Jika ada sesuatu kekurangan dari salat wajibnya, maka Ar-Robb (Alloh) 'Azza wa Jalla berfirman: “Perhatikan (wahai para malaikat) apakah hambaKu ini memiliki salat tathowwu' (sunah), sehingga kekurangan yang ada pada salat wajibnya bisa disempurnakan! ". Kemudian seluruh amalannya akan dihisab seperti itu. (HR. Tirmidzi, no. 413; Nasai, no. 465; Abu Dawud, no. 864; Ibnu Majah, no. 1425; Ahmad, no. 9494. Disahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Hadis Tamim Ad-dariy:

عن تميم الداري, عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:”أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة صلاته, فإن أكملها كتبت له نافلة, فإن لم يكن أكملها, قال الله سبحانه لملائكته: انظروا, هل تجدون لعبدي من تطوع? فَأَكْمِلُوا بِهَا مَا ضَيَّعَ مِنْ فَرِيضَتِهِ ، ثُمَّ تُؤْخَذُ الْأَعْمَالُ عَلَى حَسَبِ ذَلِكَ “

Dari Tamim Ad-Dariy, dari Nabi shallallahu 'alaihi wassallam, beliau bersabda: “Pertama kali amal hamba yang akan dihisab pada hari kiamat adalah salat (wajib) nya. Jika dia menyempurnakan salat (wajib) nya, (salat) nafilah (sunah) dituliskan. Jika dia tidak menyempurnakan salat (wajib) nya, Alloh Subhanahu katakan kepada para malaikat-Nya: 'Perhatikan, apakah kamu dapati hambaKu ini memiliki salat tathowwu' (sunah), (jika ada) maka sempurnakan-lah dengan apa yang telah dia sia- siakan dari salat wajibnya! '. Kemudian seluruh amalannya akan dihisab seperti itu ”. (HR. Ibnu Majah, no: 1426; Ahmad, no. 16954. Disahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Untuk menyempurnakan ibadah Ramadan, berikut Ayocirebon.com kutip jadwal salat dan imsak untuk wilayah Cirebon dari Kementerian Agama RI pada Jumat, 16 April 2021:
 
Imsak : 04.22 WIB
Subuh : 04.32 WIB
Zuhur : 11.50 WIB
Asar : 15.08 WIB
Magrib : 17.48 WIB
Isya : 18.57 WIB.
 
Selamat menjalankan ibadah puasa dan salat.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar