Hindari Kekeringan, Petani di Indramayu Percepat Tanam

  Rabu, 14 April 2021   Erika Lia
Areal Pesawahan di Indramayu. Para petani di Kabupaten Indramayu mempercepat tanam sejak pekan pertama April 2021 untuk menghindari ancaman kekeringan pada musim tanam gadu (kemarau). [Erika Lia]
INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM- Para petani di Kabupaten Indramayu mempercepat tanam sejak pekan pertama April 2021 untuk menghindari ancaman kekeringan pada musim tanam gadu (kemarau). 
 
Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang mengungkapkan, para petani di sejumlah kecamatan sudah mulai tanam gadu.
 
"Petani di Gantar, Sukra, dan Terisi sudah mulai tanam," ujarnya.
 
Para petani di 3 kecamatan itu, terangnya, termasuk cepat melakukan tanam gadu sebab lebih awal memulai tanam rendeng (penghujan) dibanding petani di kecamatan lain.
 
Secara umum, para petani yang telah merampungkan panen rendeng 2020/2021 telah mempercepat proses tanam gadu 2021. April ini, para petani mulai menyemai dan Mei nanti dijadwalkan mulai tanam.
 
"Untuk mencegah kekeringan saat musim kemarau, para petani yang sudah panen rendeng saat ini sudah melakukan percepatan tanam gadu," paparnya.
 
Sementara itu, BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka merilis, 19 kecamatan di Kabupaten Indramayu memasuki musim kemarau pada April dasarian I (1-10 April).
 
Ke-19 kecamatan itu masing-masing Anjatan, Arahan, Balongan, Bongas, Cantigi, Gabuswetan, Haurgeulis, Jatibarang, Juntinyuat, Kandanghaur, Karangampel, Kedokanbunder, Lohbener, Losarang, Pasekan, Patrol, Sindang, Sliyeg, dan Sukra.
 
Di luar itu, BMKG pula memprediksi 6 kecamatan akan memasuki awal musim kemarau pada April dasarian III (21-30 April). Ke-6 kecamatan tersebut masing-masing Bangodua, Cikedung, Kertasemaya, Lelea, Tukdana, dan Widasari.
 
Pada Mei dasarian I, musim kemarau diperkirakan akan melanda 3 kecamatan lain, yakni Gantar, Kroya, dan Terisi.
 
"Petani yang hendak melakukan tanam, kami sarankan menyesuaikan dengan rencana pola tanam untuk menghadapi musim kemarau ini," saran Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi, Ahmad Faa Izyn.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar