Dear Raffi Ahmad, Pasoegati Mania Cari Investor Gila Bola bagi PSGJ Cirebon

  Senin, 12 April 2021   Erika Lia
Logo Pasoegati mania, fans PSGJ Cirebon, bergambar udang yang menjadi ciri Cirebon. (Ayocirebon.com/ist)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Pasoegati (Pasukan Soeporter Gunung Jati) mencari investor bagi Persatuan Sepakbola Gunung Jati (PSGJ) Cirebon. Syaratnya, gila bola.

Sejak terbentuk 1962 sampai kini, investor menjadi salah satu pekerjaan rumah yang belum terselesaikan dalam perjalanan PSGJ. Para pendukungnya, Pasoegati mania bahkan pernah sampai harus 'membayari' para pemain PSGJ.

"Kami pernah beli tiket pertandingan PSGJ. Uang tiket kami berikan kepada pemain, sementara kami rela enggak nonton pertandingan karena tiketnya kami serahkan kepada yang lain supaya bisa menonton pertandingan," beber Ketua Umum Pasoegati mania, M. Syarifudin kepada Ayocirebon.com, belum lama ini.

Tak sekedar beli tiket, mereka bahkan pernah turun ke jalan untuk meminta sumbangan kepada pengguna jalan, menjadi juru parkir, iuran antar anggota Pasoegati, sampai membuat merchandise.

Seluruh uang yang dihasilkan diberikan untuk pemain, menyewa kendaraan, dan keperluan PSGJ lainnya. Suatu kali, pada 2017, mereka pernah mendaftarkan PSGJ ke Liga 3 Jawa Barat menggunakan uang 'receh' hasil usaha mereka.

Fanatisme Pasoegati yang terbentuk sejak 2011 terhadap tim kesayangannya tak lagi dapat diragukan. Mereka seolah akan melakukan apa saja demi mempertahankan eksistensi PSGJ.

"Kami sebenarnya bukan tim yang mapan. Tapi kami anti naik kendaraan milik pemerintah, misalnya ketika PSGJ enggak punya kendaraan untuk berangkat ke pertandingan," katanya.

AYO BACA : Warga Cirebon Minta Raffi Ahmad Lirik Klub Bola PSGJ

Pria yang akrab disapa Gopek ini menyebutkan, sesuai ketentuan, operasional PSGJ tak menggunakan anggaran pemerintah. Mereka tak menghendaki PSGJ berada di tangan pemerintah sebab tak ingin terkontaminasi kepentingan politik tertentu.

rans-cilegon-fc
Raffi Ahmad bersama jajaran pengurus Rans Cilegon F.C. (Instagram/@raffinagita1717)

Gagasan itu pula berlaku bagi investor manapun yang melirik PSGJ. Pesohor Raffi Ahmad termasuk salah satu yang mereka harapkan bersedia menjadi investor PSGJ, pasca mengakuisisi Cilegon United dan mengubah namanya menjadi Rans Cilegon FC.

Selama ini, sekalipun mengalami keterbatasan, PSGJ bukannya tidak pernah diminati investor. Mulai dari lokal Cirebon hingga luar Pulau Jawa, beberapa investor telah menyatakan ketertarikannya terhadap PSGJ.

"Kami pernah kedatangan investor yang tertarik pada PSGJ. Ketika itu, kami mensyaratkan 5 hal pada PSGJ agar tak diubah oleh investor," ungkapnya.

Ke-5 hal itu masing-masing nama klub, logo klub, julukan klub, home base, maupun jersey (baju kaos) kebanggaan PSGJ. Belakangan, investor tersebut dikabarkan mundur.

Situasi itu, menurutnya, tak terjadi sekali dan sampai kini proses pencarian masih berlanjut. Selama proses pencarian investor itu, Gopek memberi sinyal besarnya keterlibatan Pasoegati mania dalam penentuan kepemilikan PSGJ.

AYO BACA : Dari Admin Sampai Desainer, Rans Entertainment Buka Lowongan Kerja

Mereka keberatan bila PSGJ dimiliki investor yang membawa embel-embel tertentu, salah satunya politik. Bila pun investor mensyaratkan keuntungan, Gopek meyakinkan pihaknya akan mengamati intensitas kepedulian investor terhadap PSGJ.

"Kami pernah punya pengalaman diambil dagingnya, terus dibuang tulangnya. Menyedihkan," tuturnya.

Dalam pandangannya, alih-alih punya banyak uang, PSGJ membutuhkan investor yang gila bola sebagai ukuran terpenting atas kepedulian terhadap tim kesayangan mereka.

Mereka meyakini, investor yang gila bola akan tanpa batas mengembangkan PSGJ. Gopek meyakinkan, kemampuan para pemain PSGJ sudah sekelas tim yang berlaga di Liga Indonesia.

"Tinggal bagaimana memoles mental mereka agar punya mental juara, bukan lagi mental tarkam (antar kampung, merujuk pada pertandingan sepakbola antar kampung)," cetusnya memberi masukan.

Saat ini, pihaknya tengah memproyeksikan tawaran pembagian saham kepada investor. Selain investor, pembagian saham rencananya juga diperuntukkan bagi suporter dan manajemen PSGJ sebelumnya.

Gopek mengemukakan, alasan adanya pembagian saham bagi manajemen PSGJ sebelumnya itu sebagai bentuk apresiasi.

Terdiri dari 3 orang yang meliputi founder hingga pemilik legal, dinilai berhak beroleh apresiasi sebab selama 3 tahun terakhir telah mengembangkan PSGJ secara cuma-cuma.

Proyeksi pembagian saham tersebut sejauh ini masih dalam pembicaraan lebih lanjut. Gopek menyatakan, Pasoegati mania sendiri siap menanam dan menerima pembagian saham berapa pun besarnya sesuai ketentuan.

"Karena PSGJ lahir di Cirebon dan Cirebon adalah tanah kelahiran kami," tegasnya mengemukakan alasan atas segala upaya yang telah Pasoegati mania lakukan terhadap PSGJ.

AYO BACA : Raffi Ahmad Ubah Cilegon United Jadi Rans Cilegon FC

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar