Kenapa Niat Puasa Berbeda-beda? Niat Sebulan dan Satu hari Apa Bedanya?

  Rabu, 07 April 2021   A. Dadan Muhanda
Ilustrasi Bacaan Niat Puasa 2021, Niat Puasa Sehari dan Sebulan

AYOCIREBON.COM--Marhaban ya ramadan. Bulan puasa segera tiba. Umat muslim di seluruh dunia mulai menjalankan ibadah puasa 2021 pada 1 Ramahdan yang diperkrian dimulai pada 13 April 2021. 

Meski suasana Ramadhan pada puasa 2021 kali ini masih terasa berbeda karena adanya wabah COVID-19, namun amalan puasa tak akan berkurang jika puasa tetap dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Untuk memulai ibadah puasa ramadan, umat muslim wajib membaca niat puasa Ramadhan terlebih dahulu.

Hal ini seperti diriwayatkan dalam hadits Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasai dari Ummul Mukminin Hafshah yang mana Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbit fajar, maka tidak sah puasanya."

AYO BACA : Jadwal Puasa Ramadan dan Puasa Sunnah 2021, serta Kalender Islam 2021

Sementara itu, niat puasa sendiri ada dua macam, yaitu niat puasa ramadan satu bulan dan niat puasa ramadan satu hari. Apakah ada perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya:

1.Niat Puasa Ramadan Satu Hari 

Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala.

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

AYO BACA : 6 Lafal Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2021 dan Artinya

Pada umumnya, umat muslim akan membaca niat ini saat memulai ibadah puasa ramadan. Biasanya niat dilakukan di waktu sebelum Imsak, sebelum makan sahur, atau sesudah melaksanakan ibadah salat tarawih.

Meski demikian, berdasarkan buku berjudul "Step By Step: Ramadhan Bagi Orang Sibuk" yang ditulis oleh Agus Arifin, bagi penganut mazhab Maliki, niat puasa tak harus dilakukan pada malam hari. Bisa juga dibaca setelah terbit fajar hingga sebelum waktu dzuhur.

2. Niat Puasa Ramadan Satu Bulan

Nawaitu shauma syahri ramadhona kul’lihi lil’lahi ta’ala.

Artinya: "Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Dikutip dari situs NU online, kecuali mazhab Maliki, tiga mazhab lain dalam Islam yaitu Hanafi, Hambali, dan Syafi'i berpendapat bahwa umat muslim wajib mengulangi niat setiap kali menunaikan ibadah puasa ramadan.

Namun, untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti terlupa, maka sebaiknya umat muslim juga membaca niat puasa ramadan untuk satu bulan penuh.

Jadi, usai membaca niat ramadan satu bulan penuh, setiap hendak memulai puasa ramadan, umat muslim juga membaca niat puasa ramadan untuk satu hari.

AYO BACA : Bacaan Niat Puasa dan Doa Buka Puasa 2021 Lengkap dengan Terjemahan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar