Pencarian 14 ABK MV Barokah Jaya, Potensi Cuaca Diwaspadai

  Selasa, 06 April 2021   Erika Lia
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban tenggelam kapal Barokah Jaya di perairan Indramayu. (Ayocirebon.com/istimewa)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Tim SAR gabungan mewaspadai potensi cuaca pada hari ke-4 pencarian 14 korban tenggelam MV Barokah Jaya di perairan Indramayu, Selasa 6 April 2021.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah meyakinkan, semua kekuatan yang ada, baik peralatan utama (alut) dan personil. Penyelaman akan terus diupayakan, baik oleh tim Basarnas Special Group, Polair, Lanal, ataupun organisasi hobi dan lainnya.

"Prakiraan cuaca BMKG hari ini patut diwaspadai, tapi upaya pencarian akan tetap tim lakukan. Kami harap semoga POB (person on board/korban) sedang dalam keadaan survive" katanya.

BMKG sendiri memprediksi tinggi gelombang hari ini 1,5-2 m, dengan kecepatan angin 10-25 knot (Barat - Barat Laut) dan kecepatan arus 20- 45 cm/detik.

Hari ini dikerahkan 4 unit kapal, masing-masing KN SAR Wisnu, KRI Cucut Koarmabar, KP Parkit, dan Kapal 1006 Polair Polda Jabar. Upaya pencarian akan fokus pada penyisiran sesuai rencana operasi yang telah disusun.

Dia mengungkapkan, rencana operasi hari ini membagi tim menjadi 3 sektor sesuai dengan SAR Map Prediction. Untuk Sektor 1 KN SAR Wisnu akan menyisir dengan luas area pencarian 50.5 NM.

Sementara, Sektor 2 KRI Cucut akan menyisir dengan luas area pencarian 52.3 NM. Terakhir, Sektor 3 yaitu KP Parkit dan Kapal 1006 Polair Polda Jabar menyisir dengan luas area pencarian sejauh 8.46 NM.

"Rencananya, bila korban ditemukan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu ke Pelabuhan Eretan Wetan," tuturnya.

Sampai kini, dari 32 penumpang MV Barokah Jaya, 3 orang telah ditemukan meninggal dunia. Sementara, 15 orang lainnya selamat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar