75 Hard Challenge yang Viral di TikTok Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

  Minggu, 14 Maret 2021   Republika.co.id
Ilustrasi minum air putih 75 Hard Challenge /Republika

AYOCIREBON.COM--Berbagai macam video dapat Anda tonton di aplikasi Tiktok, termasuk video mengenai saran tentang kesehatan dan kebugaran. Sayangnya, tak semua video di sana bisa diikuti karena dinilai berbahaya.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah '75 Hard Challenge' yang dbuat oleh penulis, podcaster, dan motivator Andy Frisella. Frisella adalah seorang pengusaha, pemilik perusahaan suplemen, seorang car nerd, dan pembawa acara podcast Real AF.

Tampaknya, berdasarkan latar belakang itu, dia bukan ahli diet tepercaya. Terlepas dari itu, pada 2019, dia memperkenalkan '75 Hard Challenge' di podcast-nya. Dia memperkenalkannya bukan sebagai program kebugaran dan penurunan berat badan, melainkan tantangan ketangguhan mental berdasarkan studi pribadinya selama dua dekade dan pengalaman hidupnya. 

"Pikirkan ini sebagai 'Iron Man' untuk otak Anda," kata situs webnya. Sejauh ini, video yang terkait '75 Hard Challenge' telah ditonton hampir 130 juta kali di Tiktok.

Diet yang membutuhkan waktu selama 75 hari berturut-turut itu mengharuskan para peserta mengikuti diet apapun dan harus menyelesaikan dua latihan 45 menit setiap hari. Selanjutnya, para peserta dilarang mengonsumsi alkohol, tak boleh makan curang, harus mengambil foto diri setiap hari untuk melacak kemajuan, serta minum air satu galon penuh setiap hari.

"Jika Anda gagal, Anda harus memulai kembali pada hari pertama," tulis dia.

Mengesampingkan instruksi membaca dan swafoto, para ahli kesehatan mencatat, kurangnya porsi makanan yang menyisakan terlalu banyak ruang mengesankan timbulnya risiko kesehatan. Lagi pula, berpegang pada diet teratur selama 75 hari tanpa 'curang' adalah pertanyaan yang cukup keras. Terutama, jika Anda mengikuti diet ketat seperti keto, paleo, dan sejenisnya.

"Bagi kebanyakan orang, diet iseng ini sering kali terlalu membatasi dan tidak terlalu berkelanjutan karena termasuk menghentikan seluruh kelompok makanan," ujar ahli diet dan Ketua British Dietetic Association untuk London, Sophie Medlin, dilansir di laman Eat This, Ahad (14/3). 

Dia juga memperingatkan terhadap aturan makan tanpa curang. Ketika tidak ada fleksibilitas, itu bisa sangat berbahaya bagi orang-orang. Ketidakjelasan rencana latihan berpotensi berbahaya dan tidak berkelanjutan pada saat yang sama, peringatkan para ahli lainnya.

"Rencana latihannya sangat tidak spesifik sehingga Anda berisiko besar mengalami cedera," ujar spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat dan pemilik pusat kebugarab di New York City, Albert R Matheny. 

Dia mencatat, rutinitas latihan sangat ideal ketika Anda secara bertahap meningkatkan intensitas. Melakukan latihan yang sama setiap hari terutama dua kali sehari tidak hanya untuk menghilangkan kebosanan tetapi juga kelelahan.

"Empat liter (satu galon) air adalah jumlah air yang menggelikan. Ini terlalu umum dan bisa berbahaya bagi sebagian orang," ujar ahli gizi dan pelatih kesehatan, Barbie Boules, RDN.

Mungkin, dengan tantangan ini, Anda akan menjadi lebih tangguh secara mental. Meskipun tantangan ini memiliki banyak pendukung yang memuji keberhasilannya, para ahli memperingatkan untuk melanjutkan dengan hati-hati.

Seperti yang dijelaskan seorang terapis dan pekerja sosial klinis berlisensi, Ayana Ali, yang menjalani gaya hidup sedemikian rupa. Dia membutuhkan disiplin diri yang besar, tidak memberikan ruang gerak untuk kesalahan, dan menawarkan hukuman besar untuk kesalahan langkah dan memulai dari awal. Namun, kondisi tersebut justru berpotensi merusak kesehatan mental. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar