Catat, Ini Daftar Makanan yang Bisa Bikin Kulit Cerah!

  Jumat, 05 Maret 2021   Suara.com
Ilustrasi (Pixabay)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Memiliki kulit cerah dan sehat menjadi dambaan banyak orang, karena dirasa dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Jadi, tak heran jika saat ini banyak orang rela untuk berinvestasi dalam produk skincare hingga melakukan berbagai perawatan di klinik kecantikan, untuk memiliki kulit seperti yang mereka inginkan.

Tapi, tahukah kamu ada makan makanan yang bisa berperan dalam hal mencerahkan kulit?

Ya, beberapa makanan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mencerahkan kulit secara alami.

Lewat video di kanal YouTubenya, dokter kecantikan dr Richard Lee, MARS menyebutkan 6 makanan yang bisa mencerahkan kulit secara alami, yang bisa kamu coba. Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Buah-buahan

Buah-buahan, kata pemilik Klinik Kecantikan Athena ini memang telah terbukti dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Beberapa contohnya adalah semua jenis buah berry, alpukat, kiwi, hingga semangka.

"Kenapa? karena buah-buahan tersebut kaya akan antioksidan, vitamin C dan likopen. Ketiganya bagus untuk kulit dan bisa membuat kulit menjadi lebih cerah," kata dia.

Tapi bagaimana ya kalau kita sudah merasa mengonsumsi buah-buahan tersebut, tapi kondisi kulit masih belum cerah? Ia mengatakan, untuk mendapatkan manfaat tersebut, zat-zat itu harus ada terus menerus di tubuh kita

"Jadi kita harus maintenance kadar tersebut ada terus di dalam tubuh kita. Nah ini kadang yang sulit, kebanyakan orang makan buah tidak konsisten. Dan juga dibutuhkan waktu bertahun-tahun, karena apa? Karena dosis yang kita dapetin dari buah itu tidak akan sebesar seperti pakai obat atau infus whitening," jelasnya.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang biasa kita kenal dengan kuaci memiliki kandungan yang dinamakan glutation. Nah, dr Richard mengatakan, kita cukup kita menyediakan co faktor yang diperlukan, untuk membuat glutation dalam tubuh diproduksi terus menerus.

"Dengan apa? Biji bunga matahari. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan juga selenium yang merupakan co faktor terbentuknya glutation. Jadi, kalau makanan-makanan ini tersedia dalam tubuh kita, glutationnya akan diproduksi sempurna," ungkap dokter berkacamata ini.

3. Kacang Almond

Kacang almond mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin E. Seorang profesor dermatologi dari Yale University, Jeffrey Dover, M.D., menjelaskan bahwa vitamin E sebagai antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

"Kacang almond kaya dengan akan omega 3 yang bagus banget untuk membuat kulit kita jadi kelihatan lebih halus, lebih putih," tambah dia.

4. Makan ikan dan seafood

Selain kecerdasan, makan ikan dan seafood juga memiliki manfaat bagi kecantijan lho. Ini karena makanan tersebut mengandung asam lemak omega-3 dapat membuat kulit lebih sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition, kata dr Richard, menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan dan seafood mempunyai kerutan kulit yang lebih sedikit. "Lemak omega 3 juga membantu menghilangkan bruntusan dan jerawat," jelas dia.

5. Susu kedelai

Susu kedelai kaya akan fitoestrogen, turunan estrogen yang memiliki manfaat membuat kulit menjadi mulus dan putih.

"Tapi kekurangannya, susu kedelai harus diminum terus menerus, levelnya harus dalam keadaan tinggi di dalam darah untuk membuat kulit kita jadi mulus dan putih. Jika tidak, ini akan kembali lagi seperti semula. Jadi memang ga permanen khusus untuk dihormon," ungkapnya.

6. Sayur-sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli jaya akan vitamin c dan selenium. Keduanya, kata dr Richard merupakan zat aktif yang penting untuk terbentuknya glutathion yang berperan mencerahkan kulit secara alami.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar