5 Kebiasaan Harian yang Dapat Merusak Gigi

  Rabu, 14 April 2021   Suara.com
Ilustrasi (Pixabay)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Gigi adalah organ penting dalam sistem percernaan manusia. Agar makanan bisa tercerna baik oleh tubuh, makanan harus lebih dulu diolah oleh gigi dalam proses pengunyahan.

Nah, sayangnya banyak orang tidak sadar memelihara kebiasan buruk yang justru merusak kesehatan gigi. Dikutip dari Insider, berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi.

1. Mengunyah es batu

Mengunyah es bisa menyebabkan kerusakan yang tidak terlihat, dan yang terparah adalah gigi yang retak. Hasilnya gigi harus ditambal, dan yang terparah gigi yang sehat harus dicabut.

Hal ini dialami langsung oleh seorang dokter gigi Michaela Tozzi saat berpraktik mengobati pasiennya. "Aku harus mencabut gigi pasien yang sehat, karena setengah giginya retak akibat kebiasaan mengunyah es," ungkap Tozzi.

2. Menyikat gigi terlalu keras

Meski menyikat gigi jadi salah satu cara menjaga gigi tetap sehat, tapi ingat, jangan terlalu keras menyikatnya karena bisa merusak gigi dan gusi, akibat rusaknya pelindung gigi yang disebut enamel. Hasilnya gigi jadi lebih sensitif dan mudah sakit.

3. Menggertakan gigi

Banyak orang tidak menyadari saat tidur membuat giginya saling beradu, dan kebiasaan ini sangat berbahaya karena menyebabkan gigi berlubang hingga patah.

Beberapa tanda Anda memiliki kebiasaan menggertakan gigi di malam hari apabila saat bangun rahang dan kepala terasa sakit. Adanya kerusakan pada bagian dalam pipi, yang menunjukkan jika Anda mengigitnya saat tertidur.

4. Mengigit kuku

Mengigit kuku akan menyebabkan fraktur gigi atau gigi yang retak dan patah. Solusi manikur bisa mengurangi dorongan diri Anda untuk mengunyah kuku. Atau bisa juga melakukan kebiasan baru mengunyah permen karet bebas gula, akan bantu merawat gigi.

5. Minum langsung dari gelas

Terlebih jika air minum yang ditenggak adalah air dingin, minuman manis, jus, atau soda yang membahayakan gigi.

Sehingga baiknya gunakan sedotan, agar gula yang terkandung dalam minuman tidak terselip ke gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar