Kebiasaan Keliru Sikat Gigi Setelah Minum Kopi

  Rabu, 24 Februari 2021   Republika.co.id
kopi (Pixabay)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Selain itu, keasaman pada kopi juga bisa berdampak langsung pada pengikisan email gigi. Oleh karena itu, sikat gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika menikmati kopi.

Kebanyakan orang memilih untuk menyikat gigi sesaat setelah meminum kopi. Cara ini diyakini dapat membersihkan gigi dari sisa kopi yang menempel.

Padahal, cara ini sebenarnya keliru. Menyikat gigi sesaat setelah minum kopi justru akan membut kondisi menjadi lebih buruk. Kebiasaan ini justru akan mempermudah keasaman kopi untuk melemahkan email gigi. Asam kopi akan lebih menyebar di gigi dan membuat email gigi menjadi lebih mudah terkikis dan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

"Anda tak ingin menyikat gigi ketika lingkungan (mulut) asam, itu sesuatu yang abrasif secara kimiawi," jelas dokter gigi Sonya Krasilnikov, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (24/2).

Dokter gigi Siama Muhammad mengatakan sebagian orang mungkin sudah pernah melakukan ini. Bila hanya sekali dilakukan, dampak yang terjadi mungkin hanya abrasi mikro.

"Tapi bila sudah menjadi kebiasaan, itu akan menjadi sebuah kondisi kronis (jangka panjang) di mana Anda menipiskan email gigi Anda," ungkap Muhammad.

Dokter gigi Christina Meiners menganjurkan sikat gigi dilakukan sebelum meminum kopi. Sikat gigi akan menyingkirkan kotoran dan sisa makanan yang menumpuk di gigi sebelum seseorang minum kopi. Kondisi tersebut akan membuat kopi menjadi lebih sulit untuk menodai atau menempel di gigi.

"Jika Anda menjaga gigi dalam kondisi baik dan bersih, akan ada lebih sedikit hal yang bisa menjadi media bagi kopi untuk menempel," papar Meiners.

Namun, sebagian orang mungkin merasa tak nyaman dengan kondisi mulut yang terasa kurang bersih setelah minum kopi. Dalam situasi tersebut, menyikat gigi sebenarnya boleh dilakukan setelah minum kopi. Akan tetapi, beri jeda minimal setengah untuk menyikat gigi setelah minum kopi.

Krasilnikov mengatakan tingkat keasaman di dalam mulut perlu dinetralisir terlebih dahulu oleh air liur. Jeda 30 menit setelah minum kopi sudah cukup untuk membuat kondisi mulut ke tingkat keasaman yang semestinya.

"(Dalam kondisi tersebut) menyikat gigi dan hal lainnya sangat aman dilakukan, setengah jam biasanya merupakan waktu yang cukup," tukas Krasilnikov.

Selama menunggu jeda 30 menit ini, sisa rasa kopi yang menempel di mulut bisa dihilangkan terlebih dahulu dengan berkumur. Cukup berkumur dengan air putih biasa saja agar napas terasa lebih segar setelah minum kopi. Tidak perlu melakukan flossing setelah berkumur dengan air putih.

"Cara itu benar-benar dapat membuat mulut Anda terasa lebih bersih dan membantu menyegarkan napas," pungkas Muhammad.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar