Pandemi Tahun Ini Lebih Bisa Terkendali, Disebut Tahun 2022 Bakal Bebas

  Senin, 22 Februari 2021   Republika.co.id
Warga beribadah dengan mengenakan masker untuk menghindari penularan Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JENEWA, AYOCIREBON.COM -- Pandemi Covid-19 diyakini bakal berakhir di dunia ini pada awal 2022. Hal ini dikatakan oleh Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) unuk Eropa Hans Kluge.

Menurut Kluge, penyebaran virus Corona akan lebih mudah dikelola tahun ini dibandingkan 2020.

Saat berbicara kepada lembaga penyiaran Denmark, DR, Kluge mengungkapkan skenario terburuk pandemi telah berakhir. Saat ini informasi mengenai SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 telah banyak tersedia dibandingkan tahun lalu.

Dia memperingatkan, bagaimanapun, tidak ada yang bisa mengetahui masa depan pandemi Covid-19 sebelumnya. “Akan terus ada virus, tapi menurut saya pembatasan tidak diperlukan. Ini pesan yang optimis," ujarnya, dikutip laman Anadolu Agency, Senin (22/2).

Kluge mengatakan mutasi adalah normal dan virus mencoba beradaptasi dengan orang yang terinfeksi. Namun penyebaran mutasi yang cepat menjadi perhatian WHO. Dia menyebut WHO sedang memantau dengan cermat keefektifan vaksin yang telah dikembangkan untuk menangkal varian baru virus Corona.

Ia menjelaskan vaksin dapat diubah berdasarkan mutasi jika perlu. Kluge mengatakan mutasi tidak akan membuat virus menjadi di luar kendali. Namun dia memperingatkan negara-negara yang saat ini sistem perawatan kesehatannya sudah di bawah tekanan. Dengan adanya kasus mutasi virus, mereka berpotensi menghadapi situasi lebih kritis.

Dia menjelaskan salah satu masalah terbesar yang bakal muncul adalah ketika orang yang sudah divaksinasi berada di lingkungan sama dengan  mereka yang belum menerima vaksin. Oleh sebab itu Kluge menegaskan penjadwalan menjadi faktor yang sangat penting.

Berdasarkan data John Hopkins University, sejauh ini dunia telah mencatatkan 111.343.040 kasus Covid-19. Pandemi sudah membunuh lebih dari 2,4 juta jiwa.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar