Pelantikan Nina Agustina Da'i Bachtiar dan Lucky Hakim Ditunda

  Rabu, 17 Februari 2021   Erika Lia
Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih, Nina Agustina Dai Bachtiar dan Lucky Hakim (Ayocirebon.com/Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih, Nina Agustina Dai Bachtiar dan Lucky Hakim ditunda.

Sedianya, Nina dan Lucky dilantik hari ini, Rabu (17/2/2021). Namun, pelantikan resmi diundur sampai akhir Februari 2021.

"Ya, diundur sampai akhir bulan pada 25-26 Februari 2021," kata Asisten Pemerintahan Setda Indramayu, Jajang Sudrajat.

Jajang menjelaskan, penundaan pelantikan Nina dan Lucky berkaitan dengan pilkada yang berperkara di Mahkamah Konstitusi (MK) serta menanti akhir masa jabatan sejumlah kepala daerah lain pada Februari ini.

Nina dan Lucky dijadwalkan dilantik serentak bersama kepala-kepala daerah yang rampung berperkara di MK serta kepala daerah yang habis masa jabatannya akhir Februari 2021.

"Jadi pelantikannya (Nina dan Lucky) harus menunggu putusan MK atas pilkada di kabupaten/kota lain yang berperkara," cetusnya.

Pelantikan sendiri selanjutnya diagendakan berlangsung virtual. Dia memastikan, Pemkab Indramayu mengikuti seluruh arahan Kementerian Dalam Negeri RI.

Koordinator Divisi Teknik Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Fahmi Labib menyebutkan, dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, sebanyak 4 kabupaten/kota di antaranya, masing-masing Indramayu, Karawang, Sukabumi, dan Depok, dijadwalkan melaksanakan pelantikan kepala daerah terpilih serentak hari ini.

Selain ke-4 daerah itu, pasangan kepala daerah calon terpilih Kabupaten Cianjur akan dilantik pada Mei 2021. Namun, 3 kabupaten/kota rupanya masih berperkara di MK, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Khusus Kabupaten Pangandaran, lanjutnya, MK menolaknya (dismissal). Sementara, akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya diketahui berakhir pada Februari.

"Rencananya, pelantikan kepala daerah terpilih akan serentak pada 17 Februari ini. Tapi ternyata diundur juga sampai 25-26 Februari 2021," tuturnya.

Akhir Februari nanti, imbuhnya, pelantikan kepala daerah di Jabar diagendakan diikuti 5 kabupaten/kota.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar