Rajin Baca Surat al-Waqiah, Rezeki Tak Akan Seret

  Minggu, 07 Februari 2021   Republika.co.id
Ilustrasi membaca Alquran (ayobandung)

AYOCIREBON.COM--Surah al-Waqiah termasuk surah Alquran yang favorit dibaca oleh sebagian dari umat Islam. Selain tentu untuk mengharap ridha Allah SWT, pembacaan surah ke-56 dari Alquran itu konon berharap agar rezeki dilancarkan?

 Benarkah memang salah satu keutamaan surah ini adalah memperlancar rezeki? Nah, penjelasan dari Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani yang tertulis dalam karyanya Abwab al-Farah mengungkapkan fakta menarik. 

Menurut Syekh Muhammad yang merupakan guru dari banyak ulama Indonesia itu, terdapat rahasia besar di balik surah ini yaitu keutamannya dalam menarik rezeki. Riwayat dari Ibnu Mas’ud yang dinukilkan oleh Abu ‘Ubaidah dalam Fadhail, Ibn ad-Dharis, al-Harits bin Abi Usamah, Abu Ya’la, Ibn Mardawaih, dan al-Baihaqi dalam Sya’b al-Iman menyebutkan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

”Barang siapa yang membaca surah al-Waqiah tiap malam, ia tak akan terjangkit kemiskinan selamanya.” 

Sesuai dengan pesan Rasulullah tersebut, Abdullah bin Mas’ud mengamalkannya dan memerintahkan putri-putrinya rajin membaca al-Waqi’ah. Syekh al-Mirjani mencoba menganalisa dan membeberkan ayat-ayat yang menjadikan surah ini istimewa yaitu ayat 58-72. Begitu seseorang membaca ayat-ayat ini, ia semestinya terfokus pada Allah SWT sebagai Sang Pencipta Semesta. 

Dalam kitab Hilyat al-Barar dijelaskan, barang siapa yang ingin mendapatkan ilmu para generasi lalu dan masa kini, hendaknya ia istikamah membaca surah al-Waqiah.

Isi surat al-Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat tersebut akan terjadi dan juga balasan bagi orang mukmin dan orang kafir. Gambaran hari kiamat tersebut salah satunya ada surat Al Waqiah ayat 4 sampai 6.

Selain menceritakan hari kiamat, surat Al Waqiah juga menerangkan tentang penciptaan manusia, api dan juga segala jenis tumbuhan. Tak hanya itu surat Al Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah serta akan adanya hari kebangkitan yang memang benar adanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar