Bendung Penyebaran Covid-19, Arab Saudi Terapkan Aturan Pembatasan Baru

  Kamis, 04 Februari 2021   Republika.co.id
Arab Saudi Terapkan Aturan Pembatasan Baru Atasi Penyebaran Covid-19 (ist)

RIYADH, AYOCIREBON.COM -- Arab Saudi memberlakukan aturan pembatasan baru yang bertujuan membendung penyebaran Covid-19, pada Kamis (4/1). Kementerian Dalam Negeri Saudi menangguhkan semua kegiatan dan acara rekreasi selama 10 hari.

Arab Saudi akan menutup semua bioskop, pusat hiburan dalam ruangan, tempat bermain dalam ruangan, restoran, pusat perbelanjaan, gym, dan pusat olahraga. Semua akan ditutup untuk jangka waktu 10 hari sebagai bagian dari tindakan pencegahan terhadap virus corona.

Semua acara dan pesta, termasuk pernikahan, rapat perusahaan, dan sejenisnya, yang diadakan di ruang perjamuan di hotel akan ditangguhkan selama 30 hari sebagai bagian dari aturan baru. Semua pertemuan sosial lainnya hingga maksimal 20 orang untuk 10 hari ke depan.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan, periode penangguhan dapat diperpanjang jika dianggap perlu. Semua aturan terkait pencegahan pandemi baru yang diumumkan mengenai pertemuan sosial dan penangguhan kegiatan rekreasi di Arab Saudi akan mulai berlaku pada Kamis (4/1) pukul 22.00 waktu setempat.

Mengutip sumber dari Kementerian Dalam Negeri Saudi, keputusan tersebut didasarkan pada apa yang disampaikan oleh otoritas kesehatan yang berkompeten terkait langkah-langkah yang diambil oleh Kerajaan dalam menghadapi munculnya Covid-19. Langkah itu juga bertepatan dengan munculnya indikator peningkatan kurva epidemi di beberapa wilayah di Saudi.

"Kelalaian dalam menerapkan tindakan pencegahan serta protokol yang disetujui, dan kebutuhan untuk mengambil tindakan pencegahan yang sesuai dengan kebutuhan situasi saat ini," ujar sumber yang enggan menyebutkan identitasnya dikutip laman Al Arabiya, Kamis (4/2).

Arab Saudi pada Rabu (3/2) melaporkan 306 kasus virus Corona baru, sehingga total menjadi 368.945 kasus Covid-19. Sementara, kematian baru bertambah tiga kasus, sehingga total kematian di seluruh Saudi menjadi 6.386 jiwa.

Pengumuman baru itu muncul setelah Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq al-Rabiah memperingatkan pada Ahad (31/1) bahwa pembatasan virus corona baru dapat diberlakukan jika warga dan penduduk tidak mematuhi batasan kesehatan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar