10 Jenis Teh dan Khasiatnya yang Tak Disangka untuk Tubuh

  Kamis, 24 Desember 2020   A. Dadan Muhanda
Manfaat Minum Teh/pixbay

AYOCIREBON.COM— Minum teh bagi warga Indonesia, bahkan dunia menjadi kebutuhan lagi, kebiasaan. Bahkan beberapa Negara mengadakan ritual minum teh dengan berbagai penyajian.

Teh juga punya ragam dan jenis. Setiap jenis teh punya khasiat dan faedahnya masing-masing.

Seperti dilansir EatThis, Rabu (23/12), dalam Republika.co.id, setidaknya ada 10 efek healing yang bisa dirasakan dari meminum teh. Kuncinya adalah memilih jenis teh yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah kesebelas efek atau manfaat tersebut.

1. Teh Ginseng untuk Sistem Imun

Studi dari peneliti Kanada menunjukkan bahwa konsumsi 400 mg ginseng dapat menurunkan kejadian pilek sebesar 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan pemberian plasebo. Ginseng juga dapat memabntu membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel imun kunci.

2. Teh Pepermin untuk Tingkatkan Fokus

Dalam International Journal of Neuroscience, tim peneliti Inggris mengungkapkan bahwa pepermin dapat meningatkan memori dan keawasan. Oleh karena itu, konsumsi teh pepermin dinilai dapat membantu memperbaiki fokus.

AYO BACA : 5 Manfaat Cuka Apel Buat Kecantikan

3. Teh Passionflower untuk Ketenangan

Passionflower diketahui dapat memberi manfaat antikecemasan. Dalam Journal of Clinical Pharmaceutical Therapy, disebutkan bahwa passionflower dapat bekerja mirip seperti Xanax (alprazolam). Konsumsi passionflower dikatakan dapat membantu menenangkan kegugupan dan perasaan cemas. Konsumsi passionflower dianggap aman namun disarankan tidak dikonsumsi ibu hamil.

4. Teh Lemon untuk Redakan Perut Kembung

Rasa tak nyaman dari perut kembung dapat diringankan dengan menyeruput secangkir teh lemon hangat. Yang membuat teh lemon dapat membantu adalah kandungan D-limonene di dalamnya. D-limonene memiliki efek diuretik dan dapat membantu mengatasi retensi cairan dalam tubuh menurut Journal of the Pharmaceutical Society of Japan.

5. Teh Rooibos untuk Ringankan Gejala Pilek

Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa teh merah khas Afrika Selatan rooibos dapat memberi efek yang sama pada sistem imun seperti teh hijau. Akan tetapi, rasa yang lebih kuat dari rooibos dapat membantu mengembalikan indera perasa yang menumpul akibat hidung tersumbat saat pilek. Penambahan madu dalam rooobos dapat memberi manfaat ekstra karena madu merupakan pereda batuk yang ampuh menurut peneliti Penn State.

6. Teh Hijau untuk Menenangkan Perut

AYO BACA : Khasiat Madu Mentah dari Mulai Sembuhkan Luka hingga Nyeri Tenggorokan

Studi dalam Biological Chemistry menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi hati dari stres oksidatif yag disebabkan alkohol. Teh hijau juga dikenal memiliki cukup banyak manfaat lain bagi kesehatan.

7. Teh Pepermin untuk Olahraga Lebih Berenergi

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, atlet yang meminum air dicampur dengan minyak pepermin memiliki performa yang lebih baik dalam tes treadmill. Teori peneliti memperkirakan bahwa pepermin memilii efek pada otot polos arteri.

8. Teh Hijau untuk Menunjang Pemulihan Pascaolahraga

Peneliti Brazil mengungkapkan bahwa partisipan yang meminum tiga gelas teh hijau setiap hari selama seminggu memiliki marker kerusakan sel akibat olahraga ketahanan yang lebih sedikit. Artinya, teh hijau dapat membantu tubuh untuk pulih lebih cepat setelah berolahraga berat.

9. Teh Valerian untuk Mempermudah Tidur

Valerian telah lama dikenal sebagai "obat" penenang ringan. Studi pada perempuan dewasa menunjukkan bahwa peberian ekstrak valerian dapat membantu memperbaiki kualitas tidur secara signifikan.

10.Teh Pepermin untuk Tekan Nafsu Makan Berlebih

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Appetite menunjukkan bahwa aroma pepermin dapat membantu menekan nafsu makan. Orang-orang yang mencium aroma pepermin tampak mengonsumsi 2.800 kalori lebih rendah per minggunya.

AYO BACA : Chord Gitar dan Lirik Hanya Rindu Andmesh Kamelang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar