Taman BAT Bakal Direvitalisasi, Kereta Pedati Gede Direplikasi

  Selasa, 01 Desember 2020   Erika Lia
Taman BAT yang akan direvitalisasi tahun depan. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Pemkot Cirebon berencana merevitalisasi taman BAT (British American Tobacco) dan mereplikasi kereta Pedati Gede. Hasilnya diharap menjadi salah satu ikon Kota Cirebon.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon Nanang Rosadi menyebutkan, kegiatan itu rencananya direalisasikan pada 2021.

"Sejauh ini, DED (detail engineering design) sudah selesai. Setelah APBD 2021 disahkan, Insya Allah kami akan langsung melakukan tender untuk fisiknya," katanya, Selasa (1/12/2020).

Alokasi anggaran untuk ini sendiri sekitar Rp1,9 miliar. Selain mereplikasi kereta Pedati Gede, Taman BAT pun akan direvitalisasi untuk penyediaan fasilitas-fasilitas umum.

Selain ruang terbuka hijau (RTH), taman BAT pun akan dilengkapi area bermain dan ramah anak. Untuk ini, rencananya taman akan menambah 2,5 meter ke arah gedung BAT dan memperlebar area taman lama sekitar 6 meter.

"Inginnya lebih lebar, tapi kami harus mempertimbangkan keberadaan jalan raya di sekitar taman yang lalu lintasnya termasuk padat," tuturnya.

Revitalisasi Taman BAT dan replikasi kereta Pedati Gede diharapkan menjadi salah satu ikon Kota Cirebon yang dapat menjadi pusat kegiatan warga. Sampai kini, pihaknya mencatat 49 titik taman pulau dan taman median jalan se-Kota Cirebon.

Pihaknya tak menampik taman kota diperlukan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota. Selain berfungsi ekologis, taman kota juga memiliki fungsi sosial yang dapat dimanfaatkan warga untuk bersosialisasi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar