Puluhan Warga Pasawahan Diindikasi Kontak dengan Covid-19, Desa Disemprot

  Jumat, 20 November 2020   Erika Lia
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di area pemukiman di Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. (ist)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Setelah seorang warga yang diduga terjangkit Covid-19 dan puluhan orang terindikasi berkontak dengan jenazah, permukiman warga di Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, disemprot cairan disinfektan, Jumat (20/11/2020).

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti menyebutkan, penyemprotan sebegai upaya pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 desa tersebut.

"Kepala desa secara tertulis meminta adanya penyemprotan cairan disinfektan di lingkup desa, terkait informasi salah satu warga yang meninggal dunia dan diduga terkena Covid -19. Sementara, ada sekitar 33 orang terindikasi kontak langsung dengan jenazah," jelasnya.

Sebanyak 4.500 liter cairan disinfektan disemprotkan, yang memakan waktu sekitar 2 jam. Penyemprotan meliputi Bale Desa Pasawahan yang meliputi 5 dusun, masing-masing Dusun Pahing, Dusun Manis, Dusun Wage, Dusun Pon, dan Dusun Kaliwon, serta Masjid Nurul Huda di desa tersebut.

Selain penyemprotan, pihaknya pula melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 bagi warga setempat. Dia memastikan, penyemprotan berjalan lancar, tanpa hambatan.

"Kami mengimbau masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," imbaunya.

Masyarakat pun diminta berperan aktif melawan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan bersikap jujur bila mengalami gejala dengan ciri- ciri Covid-19. Pemeriksaan ke rumah sakit rujukan pun harus dilakukan segera.

Hingga Jumat (20/11/2020), tercatat 939 pasien Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Dari jumlah itu, 17 orang meninggal dunia, 63 orang masih dalam perawatan di rumah sakit atau karantina mandiri, dan 859 orang pulih.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar