Tipe-tipe Rekening yang Bakal tak Dapat BLT Pekerja Termin 2

  Selasa, 10 November 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan proses penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) termin 2 untuk pekerja, cair dua tahap sekaligus pada minggu ini ke rekening BNI, Mandiri, BRI, BCA dan swasta lainnya.

Saat ini, Kemnaker telah menyalurkan dana BLT atau BSU termin 2 kepada 2,18 juta pekerja. Dalam keterangan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya terus berupaya mempercepat proses penyaluran dana subsidi ini bagi para pekerja formal, agar dapat membantu daya beli dan konsumsi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Ida menyebut penyaluran BLT atau BSU termin 2 untuk tahap 1 kepada 2,18 juta penerima itu sudah diproses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Jumlah dana yang diberikan kepada pekerja formal penerima di termin 2 ini tetap sama, yakni sebesar Rp1,2 juta atau Rp600 ribu per bulan untuk periode November 2020 hingga Desember 2020.

“Kita pastikan termin II BSU sudah cair hari ini. Siang tadi saya dapat laporan bahwa data penerima BSU tahap 1 sebanyak 2,18 juta orang sudah diproses ke KPPN," kata Ida di Jakarta, Senin (9/11/2020).

"Selanjutnya, akan ditransfer ke bank penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama,” imbuhnya.

Sebelumnya, penyaluran dijadwalkan paling lambat akhir minggu pertama November 2020, yakni Sabtu 7 November kemarin. Namun, hal ini ditunda sehubungan dengan ditemukannya data yang tidak memenuhi syarat penerima BLT atau BSU yaitu masih ada yang bergaji di atas Rp5 juta.

Hal ini dikarenakan pada termin 2, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk proses lebih lanjut.

"Jadi, atas rekomendasi KPK, datanya akan kami padankan dengan data di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga kami bisa melihat mana yang memang layak menerima subsidi dan mana yang tidak layak," ujar Ida.

Adapun, 7 rekening tidak akan mendapatkan transferan dana BLT atau BSU termin 2 ialah:

1. Rekening yang diduplikasi;

2. Rekening tidak sesuai nomor induk kependudukan (NIK);

3. Rekening yang sudah tidak aktif (tutup);

4. Rekening pasif;

5. Rekening tidak valid;

6. Rekening telah dibekukan oleh Bank;

7. Rekening tidak terdaftar;

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar