40 Tempat Tidur Hotel Disiapkan, Ide Jam Malam Dikesampingkan

  Kamis, 01 Oktober 2020   Erika Lia
Pemkot Cirebon bersepakat dengan salah satu hotel di Kota Cirebon untuk penyediaan 40 tempat tidur/kamar bagi pasien Covid-19. (ist)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Terkategori zona merah, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, belum berniat memberlakukan jam malam di Kota Cirebon. Namun begitu, 40 tempat tidur/kamar di hotel telah disiapkan bagi pasien Covid-19.

Azis lebih memilih penindakan tegas bagi para pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 per 1 Oktober ini. Selain itu pula terus melimpahkan fokus penanganan terhadap pasien positif.

"Belum ada pengambilan keputusan untuk menerapkan jam malam," katanya, Kamis (1/10/2020).

Azis menilai, lebih penting menggugah masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan sebagai upaya menekan penularan Covid-19 di Kota Cirebon. Terlebih, saat ini aktivitas ekonomi telah terbuka.

"Silakan beraktivitas ekonomi, tapi tetap taat protokol," ujarnya.

Di sisi lain, dia pun meminta masyarakat tak malu melaporkan diri bila terpapar Covid-19. Pemkot Cirebon menjamin penanganan terhadap pasien hingga pulih.

"Silakan lapor kalau tertular (Covid-19), tak usah malu karena akan kami tangani," jaminnya.

Untuk ini, Pemkot diketahui telah menyiapkan 40 tempat tidur di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Selain hotel, disiapkan pula 40 tempat tidur lain di gedung Diklat KB.

"Ada 40 tempat tidur di Diklat KB dan 40 tempat tidur di Hotel Langensari. Jadi, total 80 tempat tidur," terang Kepala Dinas Kesehatan, Edy Sugiarto, Kamis (1/10/2020).

Sayangnya, jumlah itu dimungkinkan masih kurang bila mengamati tren kasus di Kota Cirebon yang belum usai menanjak. Secara keseluruhan, pihaknya menargetkan 100-200 tempat tidur untuk perawatan.

Rencananya, ruang-ruang perawatan di hotel dan gedung Diklat KB itu diperuntukkan bagi pasien bergejala ringan maupun pasien tanpa gejala.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar