Kader PKK di Kabupaten Cirebon Dilibatkan Tekan Kasus Covid-19

  Selasa, 18 Agustus 2020   Erika Lia
Ilustrasi PKK. (Dok. Humas Pemkot Bandung)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon yang masih terus membengkak, membuat Pemkab Cirebon kini melibatkan pula Tim Penggerak (TP) PKK untuk memutus mata rantai penyebaran virusnya.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi 'menugaskan' para kader PKK se-Kabupaten Cirebon untuk mengarahkan dan membimbing masyarakat dalam memahami Covid-19 dan penyebarannya.

"Tim Penggerak PKK harus mengedukasi dan mengarahkan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya disiplin menggunakan masker," kata Imron saat peluncuran program Gerakan Bersama Pakai Masker (#GEBRAKMASKER) di Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, TP PKK berpotensi besar dalam mencegah penyebaran Covid-19, mengingat jejaringnya yang mencapai tingkat desa.

Dalam peluncuran #GEBRAKMASKER tersebut, sedikitnya 2,5 juta masker dibagikan kepada khalayak umum. Imron menyebut, kegiatan itu didanai Pemprov Jawa Barat maupun Dana Desa.

"Kegiatan #GEBRAKMASKER ini diinisiasi TP PKK dengan sumber anggaran dari Pemprov Jabar dan dana desa. Sudah disiapkan 2,5 juta masker untuk dibagikan," tuturnya.⠀

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cirebon, Imam Ustadi berharap, program setengah miliar masker itu dapat mendukung pengembangan perekonomian desa.

"Kami harap badan usaha milik desa (BUMDes) bisa berdaya dan sektor ekonomi di desa siap bergerak," paparnya.

Dalam hal ini, imbuhnya, kepala desa/kuwu dapat berkoordinasi dengan BPD dan seluruh elemen lembaga desa, hingga berkolaborasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat desa serta masyarakat guna menggerakkan sektor ekonomi melalui UMKM.⠀

"Pembuatan masker untuk program ini bisa melalui BUMDes dengan melibatkan masyarakat, ini program yang harus kita dukung," cetusnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar