Keterbatasan Bakal Warnai Peringatan HUT RI di Kota Cirebon

  Senin, 03 Agustus 2020   Erika Lia
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI pada 17 Agustus mendatang akan diwarnai keterbatasan.

Kepala Dinas Komunikasi Informastika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma'ruf Nuryasa memastikan, akan terjadi penyesuaian pada perayaan hari kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19.

"Pelaksanaannya sudah diatur Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), sejumlah acara akan dihilangkan, tapi ada pula yang tetap digelar," katanya, Senin (3/8/2020).

Salah satu kegiatan rutin yang tetap digelar berupa upacara peringatan hari kemerdekaan. Hanya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada upacara kali ini jumlah petugas pengibar bendera akan dibatasi.

Pembatasan berlaku pula bagi peserta upacara peringatan hari kemerdekaan itu sendiri. Meski sampai kini pihaknya masih menanti petunjuk Kemensetneg untuk jumlah peserta yang diizinkan menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan, perwakilan pelajar yang biasanya turut mengikutinya dimungkinkan tak akan hadir.

"Upacara peringatan akan digelar di Balai Kota Cirebon," ujarnya didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik DKIS Kota Cirebon, Ida Kurniasih.

Selain upacara, bentuk perayaan lain yang akan tetap digelar berupa acara persembahan bagi para veteran. Hanya, pelaksanaannya tetap mengalami penyesuaian.

Ma'ruf menyebut, para veteran biasanya diundang datang dan berkumpul di 1 tempat yang telah ditentukan Pemkot Cirebon. Kali ini, Pemkot Cirebonlah yang akan mendatangi mereka.

Pihaknya merencanakan 75 orang veteran yang akan disambangi. Kegiatan itu diagendakan seusai sidang paripurna DPRD Kota Cirebon pada 14 Agustus 2020.

"Yang akan datang menyambangi di antaranya dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama DPRD dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Cirebon," ujar Ma'ruf.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar