Manfaat Kopi, Kurangi Risiko Obesitas hingga Ringankan Peradangan

  Kamis, 30 Juli 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi daging. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Apakah Anda termasuk sering mengonsumsi kopi? Kabar baik, rupanya kopi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebuah review yang diunggah dalam New England Journal of Medicine, kopi dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis.

Berikut beberapa manfaat konsumsi kopi.

1. Mengurangi risiko obesitas. Kandungan kafein dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori dalam sistem pencernaan.

2. Meningkatkan fokus dan kesehatan otak. Kafein dihubungan dengan risiko rendah terkena Parkinson.

3. Kopi dalam kadar secukupnya juga dihubungkan dengan risiko yang lebih rendah akan depresi serta bunuh diri.

4. Kopi juga disebut-sebut menurunkan risiko terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung, liver, kanker payudara, kanker prostat, dan beberapa jenis kanker kulit.

5. Kopi mengandung senyawa polifenol yang dapat meringankan peradangan, meningkatkan bakteri usus, dan memoderasi gula darah.

Di luar manfaatnya, kopi sebenarnya mengandung senyawa fitokimia yang dapat meningkatkan kolesterol. Meskipun kopi yang dibuat dengan menggunakan filter jarang memuat substansi ini.

Kafein juga memiliki dampak terhadap tekanan darah bagi orang yang tidak mengonsumsi kopi secara teratur sebelumnya. Akan tetapi para ahli menyebutkan tidak ada dampak jangka panjang yang ditimbulkan kafein terhadap kesehatan jantung.

Walaupun memiliki manfaat yang banyak, konsumsi kopi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlalu banyak minum kafein akan menyebabkan efek seperti kemurungan, kecemasan, detak jantung yang cepat, serta insomnia.

Oleh karena itu, kita dianjurkan mengonsumsi kopi dalam dosis secukupnya. Khusus untuk ibu hamil, konsumsi yang dianjurkan per hari adalah 200 mg, setengah dari jumlah anjuran konsumsi umumnya. Hal ini disebabkan belum diketahui apakah kafein akan berdampak pada perkembangan janin atau tidak. (Putri Shaina)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar