Seorang Bayi Terpapar Covid-19 Dari Orang Tua

  Sabtu, 04 Juli 2020   Erika Lia
SUMBER, AYOCIREBON.COM- Seorang bayi laki-laki berusia 6 bulan di Kabupaten Cirebon terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dari orang tuanya.
 
Paparan virus mereka peroleh setelah berinteraksi dengan pasien dari kluster Pamitran, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.
 
Bersama sang bayi, 3 warga Kabupaten Cirebon lainnya juga terkonfirmasi positif. Ke-3 orang itu masing-masing dua laki-laki berusia 6 tahun dan 55 tahun, serta seorang perempuan berusia 12 tahun.
 
Ke-4 pasien tersebut dinyatakan positif setelah diketahui berinteraksi dengan pasangan suami istri (pasutri) yang sehari sebelumnya terkonfirmasi Covid-19. Pasutri itu merupakan orang tua sang bayi.
 
"Penambahan 4 kasus ini merupakan kontak erat dari kasus ke-21 dan 22 (pasutri). Salah satunya, bayi laki-laki berusia 6 bulan yang merupakan anak dari pasutri kasus ke-21 dan 22," terang Wakil Ketua Divisi Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, Sabtu (4/7/2020).
 
Dari kasus pasutri tersebut, otoritas penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon berhasil menelusuri 15 kontak erat keduanya.
 
Uji swab terhadap 15 orang itu mengonfirmasi 4 orang di antaranya, termasuk sang anak dari pasutri tersebut, positif.
 
"Saat ini 4 orang tersebut menjalani isolasi mandiri," ujar Nanan yang juga Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon ini.
 
Terpisah, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengungkapkan, pasutri kasus ke-21 dan 22 terpapar virus SARS-CoV-2 dari pasien yang berasal dari kluster Pamitran, Kota Cirebon.
 
"Mereka (pasutri) adalah keluarga dari kluster Pamitran," jelasnya.
 
Keduanya menjalani karantina mandiri di rumah. Area tempat tinggalnya pun diberlakukan PSBM, di mana tak sembarang orang diizinkan masuk dan keluar.
 
"(PSBM) di komplek tempat tinggal (pasutri)," cetusnya.
 
Dengan 4 kasus ini, per 4 Juli 2020 jumlah pasien positif di Kabupaten Cirebon membumbung menjadi 26 orang. Dari jumlah itu, 7 pasien masih dalam perawatan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar