Ini Cara Pendaftaran PPDB Tingkat SMA, DPRD Kota Cirebon Nilai Sistemnya Kuat

  Sabtu, 06 Juni 2020   Erika Lia

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Orangtua siswa yang hendak mendaftarkan anaknya ke SMA dapat mengakses website yang disiapkan Pemprov Jawa Barat.

Serupa dengan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di tingkat SMP, di tengah pendemi Covid-19, pendaftaran ke tingkat SMA pun berlaku secara daring/online.

Orangtua siswa dalam hal ini dapat mengakses ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Dalam website ini, Orangtua dapat menelusuri dan mengetahui pedoman, zonasi, jalur penerimaan, kuota calon siswa baru, hingga cara pelampiran berkas persyaratan secara daring.

Secara umum, PPDB 2020 tingkat SMA/sederajat di Jabar menggunakan empat jalur penerimaan dengan ketentuan persentase.

Untuk kuota jalur prestasi 25%, afirmasi 20%, zonasi 50%, dan perpindahan tugas (mutasi) Orangtua5%.

Tahap pendaftaran dibagi dua tahap, masing-masing pada 8-12 Juni 2020 untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. Sementara, tahap kedua dibuka pada 25 Juni-1 Juli 2020.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Tresnawaty mengingatkan, pedoman teknis pelaksanaan PPDB perlu dipahami semua Orangtuasiswa untuk mengetahui aturan yang diberlakukan Pemprov Jabar.

"Ketentuan pedoman juknis yang dikerjakan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Jabar sudah baik. Sistem yang dibuat sudah kuat," nilainya.

Koordinator pengawas SMA KCD Pendidikan Wilayah X Jabar, Asep Suhendi menyebutkan, terdata total sembilan SMA Negeri di Kota Cirebon. Selain itu, terdapat 17 SMA swasta.

"Tahun ini, kuota siswa baru yang tersedia di SMA Negeri di Kota Cirebon 3.381 kursi atau 94 rombel," tuturnya.

Dia menambahkan, tahun ini tercatat 5.929 siswa yang lulus dari SMP dan 1.146 siswa dari MTs se-Kota Cirebon.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar