Anggota Keluarga Perawat RS Bekasi di Kabupaten Kuningan Kembali Terkonfirmasi Covid-19

  Rabu, 20 Mei 2020   Erika Lia
Proses identifikasi suhu tubuh untuk mencegah Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Enam anggota keluarga perawat asal Kabupaten Kuningan yang bertugas di salah satu rumah sakit di Bekasi terkonfirmasi Covid-19.

Kondisi itu menambah jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Kuningan menjadi 14 orang per 20 Mei 2020.

"Bertambah enam orang (pasien positif)," ungkap juru bicara Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Rabu (20/5/2020).

Agus menyebutkan, total 11 anggota keluarga perawat di Bekasi asal Kabupaten Kuningan yang menjalani pemeriksaan swab dan rapid diagnostic test (RDT).

Selain enam orang yang kini terkonfirmasi positif, dua anggota keluarga lainnya telah dinyatakan Covid-19 sekembalinya perawat itu ke Bekasi.

Dari total 11 orang, selain delapan orang sudah terkonfirmasi Covid-19, tiga anggota keluarga lainnya masih menanti hasil swab.

"Tiga orang ini sudah menjalani rapid test dan dinyatakan reaktif. Tinggal menunggu hasil swab," cetusnya.

Kejadian itu sendiri bermula kala keluarga tersebut berkontak dengan salah satu anggota keluarga yang berprofesi sebagai perawat di Bekasi.

Perawat tersebut pulang ke Kuningan untuk menjenguk keluarga pada bulan lalu.

Tak lama, dua anggota keluarga sakit. Rapid test keduanya dinyatakan reaktif. Kemudian, hasil swab mengonfirmasi mereka positif.

Petugas lalu melakukan rapid test pada sembilan orang lain dan hasil seluruhnya reaktif. Dari sembilan orang itu, enam orang kini terkonfirmasi positif pula, sedangkan tiga lainnya masih menanti hasil swab.

Agus meyakinkan, masih menelusuri kemungkinan paparan virus dari perawat di Bekasi.

"Kami masih telusuri apakah mereka terpapar dari anaknya yang di Bekasi atau dari yang lain," tuturnya.

Meski belum menentukan asal virus, sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 ke wilayah lain, karantina parsial kini diberlakukan di desa asal keluarga tersebut.

Secara keseluruhan, dari jumlah 14 pasien positif, delapan pasien di antaranya masih dalam pengawasan. Sementara, lima pasien dinyatakan sembuh dan seorang pasien lain meninggal dunia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar