Muslimah dan Anak-anak di Kabupaten Majalengka Dianjurkan Salat di Rumah

  Selasa, 19 Mei 2020   Erika Lia

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Kaum perempuan (muslimah) dan anak-anak di Kabupaten Majalengka tak dianjurkan melaksanakan salat Idulfitri secara berjamaah di masjid. Mereka diimbau salat di rumah.

Pemkab Majalengka sendiri telah mengeluarkan surat edaran resmi terkait pelaksanaan salat Idulfitri di tengah pandemi Covid-19.

"Seluruh umat muslim Majalengka boleh melaksanakan salat Idulfitri di masjid atau musala," kata Bupati Majalengka, Karna Sobahi, Selasa (19/5/2020).

Pembolehan itu didasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang kaifiliat takbir dan salat idulfitri saat pandemi Covid-19.

Dalam fatwa itu, salat Idulfitri tetap boleh dilaksanakan, hanya tetap berpedoman pada anjuran pemerintah ihwal protokol kesehatan.

Meski membolehkan, pelaksanaan salat id di masjid atau musala harus dalam jumlah terbatas.

Dalam hal ini, kaum perempuan dan anak-anak diimbau tak melaksnakannya di masjid atau musala.

AYO BACA : Masuk Zona Aman, Pemkab Majalengka Izinkan Salat Berjamaah di Masjid

"Untuk kaum perempuan dan anak-anak agar melaksanakan salat id di rumah masing-masing," cetusnya.

Anjuran itu, jelasnya, dimaksudkan untuk mengurangi kerumunan selama gelaran salat dilaksanakan.

Dia pun meminta pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan melakukan langkah-langkah strategis untuk mengimplementasikannya. Salah satunya bekerjasama dengan lembaga keagamaan setempat.

Kecuali salat id di masjid atau musala, otoritas setempat tetap melarang kegiatan silaturahmi, ziarah kubur, dan takbir keliling.

"Yang boleh hanya takbir di masjid atau musala dengan jumlah orang terbatas," terang Ketua MUI Majalengka, KH Anwar Sulaeman.

Pelaksanaan salat id sendiri, tegasnya, tetap memberlakukan protokol pencegahan Covid-19, seperti membawa sajadah masing-masing, memakai masker, tak bersalaman, memperpendek bacaan shalat dan khutbah, serta menjaga jarak minimal satu meter.

Bagi kawasan di Majalengka yang masih rawan akan penyebaran Covid-19, tetap dianjurkan melaksanakan salat di rumah, baik sendiri maupun berjamaah bersama keluarga.

"Semoga kebijakan ini bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona khususnya di Kabupaten Majalengka," harapnya.

AYO BACA : Hindari Penularan Covid-19 saat Idulfitri, Majalengka Perpanjang PSBB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar