Hadapi Covid-19, Pemkab Cirebon Buka Layanan Crisis Center

  Rabu, 04 Maret 2020   Erika Lia
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (tengah) saat konferensi pers ihwal kesiapsiagaan mengatasi mewabahnya virus Corona di Kabupaten Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Pemkab Cirebon menyediakan layanan crisis center dalam penanganan kasus Covid-19 akibat virus Corona bagi warganya.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi menginstruksikan setiap camat serta lurah dan kepala desa (kuwu), untuk segera menginformasikan bila menemukan warga yang mengalami gejala terkena virus Corona.

"Warga yang merasakan gejala kena virus Corona, segera periksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit. Camat dan pemerintah desa juga segera menginformasikan (bila ada temuan indikasi paparan virus Corona)" katanya seusai rapat koordinasi terkait wabah virus Corona tingkat Kabupaten Cirebon di Kantor Bupati Cirebon, Rabu (4/3/2020).

Informasi tersebut dapat disampaikan kepada petugas di nomor (0231) 8800119 atau 081998800119 atau bisa pula di nomor 081224443700.

Imron meyakinkan, petugas akan siap melayani 24 jam setiap informasi yang diberikan. Bila kemudian ditemukan warga dengan gejala terkena virus Corona, petugas akan langsung menjemput.

"Kami berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama-sama menangani bila ada temuan penyakit ini," janjinya.

Para camat serta lurah dan Kuwu diingatkan pula untuk mendata dan melaporkan setiap kedatangan warganya, baik dari luar negeri maupun luar kota di dalam negeri.

Selain segera memeriksakan diri, Imron juga meminta masyarakat aktif mencaritahu kebenaran setiap informasi yang diterima dengan menghubungi petugas pada crisis center tersebut.

"Jangan mudah termakan informasi sembarangan," pintanya.

Guna menghindari penyebaran informasi yang salah, Pemkab Cirebon menetapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan setiap kecamatan sebagai pintu data.

"Informasi apapun terkait ini harus dari Dinkes supaya tidak simpang siur," cetusnya.

Sejauh ini, di Kabupaten Cirebon sendiri belum ada temuan warga yang terjangkit virus Corona. Meski begitu, dia meyakinkan pihaknya tetap waspada.

"Alhamdulillah belum ada, mudah-mudahan tidak ada yang terjangkit. Tapi kita tetap harus waspada," tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar