22 Jurnalis Tak Lolos Seleksi UKW Majalengka

  Senin, 02 Desember 2019   Erika Lia
Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Jejep Falahul Alam.

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Sedikitnya 22 jurnalis pendaftar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka dan Pemkab Majalengka tak lolos seleksi administrasi panitia penyelenggara dan Dewan Pers.

Dari total 54 orang pendaftar UKW yang akan digelar 13-14 Desember 2019 di Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan ini, 32 jurnalis di antaranyalah yang dinyatakan lolos.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Jejep Falahul Alam mengungkapkan, tak sedikit peserta yang tak melengkapi persyaratan administrasi. Rata-rata mereka terbentur aturan media harus berbadan hukum perusahan terbatas (PT) pers.

"Ada yang daftar menggunakan badan hukum CV dan dicoret. Banyak pula yang tak melengkapi persyaratan administrasi sesuai standar Dewan Pers sehingga gugur dengan sendirinya," katanya kepada Ayocirebon.com, Senin (2/12/2019).

UKW terbuka untuk tiga tingkat ujian, masing-masing muda, madya, dan utama.

Jejep menyebutkan, dari 32 wartawan yang lolos seleksi administrasi, 30 di antaranya akan mengikuti UKW Tingkat Muda.

"Kemudian, dua orang mengikuti UKW Tingkat Madya," ujarnya.

Para peserta UKW terdiri dari wartawan cetak dan elektronik, baik media televisi, radio, dan online (daring), dari media massa di Majalengka hingga nasional.

Peserta mengikuti ujian secara gratis dan beroleh beragam fasilitas selama kegiatan berlangsung.

Rencananya, UKW akan dibuka Bupati Majalengka, Karna Sobahi, dan dihadiri Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat.

Tema UKW kali ini berupa "Menuju Wartawan yang Profesional dan Kompeten".

Sementara, Kepala Bagian Protokoler Setda Majalengka, Neni Sofia Iriani menyebut, tujuan UKW berupa peningkatan kompetensi dan profesionalitas para insan pers selama menjalan tugas dan fungsinya.

"Apalagi, UKW merupakan kewajiban bagi setiap wartawan, sesuai imbauan Dewan Pers," cetusnya.

Pemkab Majalengka sendiri mendukung UKW agar insan pers dapat meningkatkan wawasan, kapasitas maupun kapabalitasnya, untuk menjaga marwah wartawan.

"UKW pun diharap mampu mengubah stigma negatif kepada wartawan dan mengembalikan marwah profesionalisme wartawan sebagai pilar keempat demokrasi," bebernya.
CAPTION:
-Ketua PWI Majalengka, Jejep Falahul Alam. PWI Majalengka mengagendakan UKW bagi 32 jurnalis yang lolos seleksi administrasi pada 13-14 Desember 2019.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->