Air Sungai Merah Muda di Kabupaten Cirebon Diklaim Akibat Ini

  Jumat, 29 November 2019   Erika Lia
Sungai Ciberes di Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, yang berwarna merah muda dan dipenuhi sampah serta berbau. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

GEBANG, AYOCIREBON.COM -- Otoritas terkait memperkirakan perubahan warna pada Sungai Ciberes di Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, akibat sampah.

Kesimpulan sementara itu muncul setelah diketahui ketiadaan pabrik atau industri skala besar di sekitar sungai.

Sungai Ciberes sendiri hanya diperuntukkan bagi pengairan pertanian maupun dimanfaatkan dalam industri.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemulihan Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Yuyu Jayudin memperkirakan perubahan warna akibat tempat pembuangan sampah milik desa.

"Bisa jadi sampah itu mengeluarkan zat yang mampu mengubah warna karena di sepanjang sungai tak ada industri," ungkapnya.

Berdasarkan penelusuran pihaknya sekitar sebulan lalu, hanya ditemukan peternakan ikan di sekitar aliran sungai itu. Pembuangan limbah peternakan ikan tersebut tak dilakukan langsung ke sungai.

"Kami kontrol ke tempat peternakan ikan pun airnya bening," ujarnya.

AYO BACA : Berwarna Merah Muda, Sungai Ciberes di Kabupaten Cirebon Diduga Tercemar

Saat inspeksi lapangan sebulan lalu itu, pihaknya hanya menemukan air sungai yang kehitaman, alih-alih merah muda. Karena itu, pihaknya keheranan dengan perubahan warna yang terjadi.

DLH pun mengagendakan peninjauan ke lokasi dalam waktu dekat. Pihaknya akan mengambil sampel air guna pemeriksaan ulang.

Dalam kesempatan itu dia pun mengungkapkan, hasil laboratorium tahun lalu, baku mutu air pada sungai tersebut terkategori kelas dua. Artinya hanya untuk mengairi pertanian atau industri.

"Untuk pertanian pun harus hati-hati, apalagi untuk manusia, seperti mencuci dan lainnya. Kami melarang (penggunaan air sungai)," tuturnya.

Menurutnya, kondisi air Sungai Ciberes dapat berimbas buruk berupa kematian pada kelangsungan hidup biota sungai.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi berjanji akan segera mengumpulkan pihak terkait guna pendalaman ihwal perubahan warna air Sungai Ciberes.

Menurutnya, kecil kemungkinan tumpukan sampah sebagai sebab perubahan itu. Namun, kepastian soal itu membutuhkan pendalaman.

"Jangan sampai masyarakat jadi korban. Kalau karena tumpukan sampah kemudian berubah warna, itu kecil kemungkinannya, tapi saya perintahkan dinas terkait mendalami penyebabnya," tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->