Berwarna Merah Muda, Sungai Ciberes di Kabupaten Cirebon Diduga Tercemar

  Jumat, 29 November 2019   Erika Lia
Sungai Ciberes di Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, yang berwarna merah muda dan dipenuhi sampah serta berbau. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

GEBANG, AYOCIREBON.COM -- Aliran Sungai Ciberes di Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, yang berwarna merah muda mengundang keheranan warga. Mereka menduga telah terjadi pencemaran sungai.

Tak hanya berwarna merah muda, sungai yang kotor oleh sampah itu pula mengeluarkan bau tak sedap. Selain akibat sampah, warga sekitar menyangka air sungai tercemar limbah produksi pengolahan ikan.

Kondisi sungai yang dianggap tak wajar itu diketahui telah berlangsung setidaknya satu bulan terakhir. Sungai Ciberes merupakan aliran yang membelah permukiman di beberapa desa di Kecamatan Gebang.

Warga setempat menduga sungai telah tercemar limbah salah satu pengolahan ikan. Ditambah sampah yang teronggok di sekitar tepian sungai hingga yang mengapung di atas permukaannya, pemandangan sungai pun menjadi tampak buruk.

Belum lagi bau yang mengudara telah pula mengganggu indera penciuman siapapun yang melintas. Secara keseluruhan, situasi itu telah mengancam kelangsungan kebutuhan air bersih masyarakat setempat.

"Hampir seminggu air sungai berwarna merah muda seperti itu," kata Kepala Desa Gebang Kulon, Andi Subandi.

Menurutnya, sungai yang tercemar sepanjang sekitar 1,5 kilometer. Pihaknya menduga, industri kecil pengolahan ikan telah membuang limbahnya ke sungai.

Selain mengancam kebutuhan air bersih, pihaknya juga mencemaskan ancaman penyakit yang mengintai akibat situasi itu.

Menjadikan kondisi itu sebagai pelajaran, pemerintah desa setempat pun menyosialisasikan dan mengajak masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan sekitar sungai.

"Harus dijaga bersama-sama dan kami akan buat peraturan untuk menanggulangi masalah ini," tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->