Jumlah Koperasi Aktif di Indramayu Menyusut

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Erika Lia
Logo Koperasi Indonesia. (Istimewa)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Ratusan koperasi di Kabupaten Indramayu tak lagi aktif. Koperasi tani mendominasi.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Indramayu Rosidah menyebutkan, semula jumlah koperasi di Indramayu terdata 1.033 koperasi.

Jumlah itu menyusut pada 2018 menjadi 545 koperasi. Dari jumlah itu, diketahui hanya 442 koperasi yang aktif.

"Sisanya 103 koperasi sudah tak aktif lagi dan kebanyakan koperasi pertanian," katanya.

Dia menjelaskan, koperasi itu dinyatakan tak lagi aktif karena usahanya tak berjalan dan tak menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT). Bahkan, pengurusnya pun sudah tak ada, serupa dengan papan nama kantor koperasinya.

Dia mengungkapkan, selama ini banyak koperasi yang terhalang modal akibat kesadaran yang rendah para anggotanya dalam membayar simpanan wajib. Padahal, kelangsungan usaha koperasi tergantung pada simpanan wajib dari para anggotanya.

"Kondisi ini juga yang banyak dialami koperasi tani," cetusnya.

Koperasi yang masih aktif sendiri diketahui sebagian besar berupa koperasi pegawai negeri sipil (PNS). Dari 57 koperasi PNS di Indramayu, sedikitnya 54 koperasi di antaranya masih aktif sampai kini.

Menurutnya, demi menjaga eksistensi koperasi, pihaknya terus melakukan pembinaan ke koperasi-koperasi. Bahkan, pihaknya siap membantu koperasi yang meminta bantuan dalam penyusunan laporan.

"Kami lakukan pengawasan juga supaya koperasi tetap sehat, terutama koperasi yang menghimpun dana dari masyarakat," bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu Sutatang tak menampik minimnya kesadaran para anggota membuat koperasi sulit bertahan.

Dia mencontohkan, petani meminjam dari koperasi petani saat butuh modal. Hanya, mereka justru menjual hasilnya kepada tengkulak kala panen.

"Makanya, modal tidak memutar," tuturnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->