Pelajaran Positif Bisa Diambil dari Film Joker

  Selasa, 08 Oktober 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Joker (consequenceofsound.net)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Dibalik peliknya kisah Joker dalam filmnya, mungkin ada  pelajaran hidup yang bisa dihikmahi.

Film Joker sendiri bicara soal masalah kejiwaan dan kepribadian jadi perbincangan. Hal itu tentu mengingatkan Anda betapa pentingnya mengenal diri untuk menjadi diri sendiri dan bahagia sesuai versimu sendiri.

Anda pun bisa mengetahui dengan melakukan tes kepribadian. Mengenal tipe kepribadian dalam diri ternyata bisa membantu Anda mengenali diri sendiri lebih baik. Salah satunya, membantu Anda untuk mendapatkan lingkungan yang mendukung.

Tipe kepribadian yang Anda miliki tidak hanya cukup diketahui saja. Anda harus mempelajarinya lebih dalam supaya Anda bisa mengenal diri sendiri lebih baik dan mendapatkan beberapa manfaat, meliputi dilansir Hello Sehat:

1. Membantu Anda memahami orang lain lebih baik

Mengenali tipe kepribadian yang dimiliki, membantu Anda memahami reaksi dan persepsi orang lain yang berbeda, sekalipun itu terjadi pada situasi yang sama.

Anda tidak akan lagi memaksakan pemikiran maupun pendapat Anda agar disetujui oleh orang yang memiliki tipe kepribadian berlawanan dengan Anda.

Contohnya, Anda yang ekstrovert berteman dengan orang yang introvert. Anda tentu tidak akan memaksanya ikut ke suatu acara yang melibatkan banyak orang karena itu akan membuatnya tidak nyaman.

2. Tahu kelemahan dan kelebihan diri sendiri

Salah satu keuntungan mengenal tipe kepribadian adalah mengetahui apa saja kelemahan diri sendiri. Paham akan kelemahan diri, memungkinkan Anda untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan tidak bertindak ceroboh pada situasi tertentu.

Anda akan menemukan cara baru untuk mendekati masalah dan mencari solusinya. Misalnya, Anda termasuk orang yang mudah panik dan cemas. Mengetahui kekurangan ini, Anda tentu bisa mempelajari cara untuk menenangkan diri agar dapat mengatasi situasi tersebut dengan baik.

Selain itu, Anda juga tahu kelebihan yang Anda miliki. Anda bisa mengembangkan kelebihan ini menjadi sebuah potensi, contohnya memperluas koneksi dengan orang banyak karena Anda orang yang cukup supel dan bisa menghidupkan suasana.

3. Tahu mana yang disukai dan tidak disukai

Setiap orang memiliki hal yang disukai dan tidak yang berbeda-beda. Contohnya, Anda tidak menyukai suasana yang berisik atau bertemu banyak orang. Bila Anda mengetahui hal ini, tentu Anda akan menghindari hal yang bisa membuat Anda risih dan terganggu.

Ya, dengan mengenal tipe kepribadian yang dimiliki, Anda bisa menempatkan diri pada hal yang Anda sukai dan menghindari hal yang tak Anda sukai terjadi pada diri Anda.

Perkara suka dan tidak suka tidak hanya meliputi hal itu saja. Ini akan menjadi pertimbangan Anda dalam membuat keputusan, misalnya dalam memilih pekerjaan. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan akan membuat Anda lebih puas dan bahagia. Ini secara langsung berdampak dengan produktivitas dan kesehatan mental Anda.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar