Ekonomi Ciayumajakuning di 2018 Semakin Baik

  Selasa, 16 Januari 2018   Faqih Rohman Syafei
Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon Abdul Majid Ikram. (Faqih Rohman/ayocirebon)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Bank Indonesia (BI) Cirebon memprediksi prospek perekonomian di wilayah Ciayumajakuning di tahun 2018 akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu, karena ditopang oleh pembangunan infrastruktur salah satunya adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon Abdul Majid Ikram mengatakan ekonomi Ciayumajakuning di tahun 2018 akan lebih cerah, karena dari sisi fundamental ekonomi Indonesia tahun 2017 cukup kondusif dengan tumbuh sekitar 3,2%. Ditambah dengan perbaikan berbagai infrastuktur serta akan beroperasinya BIJB yang bisa memberikan multiplayer effect ke daerah sekitarnya. 

"Dengan membaiknya ekonomi di seluruh Kota dan Kabupaten di Ciayimajakuning optimis ekonomi naik, serta potensi besar dari efek BIJB yang akan beroperasi pada pertengahan tahun ini," ujarnya, Selasa (16/1/2018).

Menurutnya, BIJB ini bisa menjadi magnet bagi laju pertumbuhan perkonomian di Ciayumajakuing karena bisa menarik para investor untuk mulai menanamkan modalnya. 

"Diprediksikan ekonomi akan tumbuh sekitar 4,8 - 5,2% karena daya dorong utama dari BIJB," papar Majid.

Selain itu, adanya Pilkada Serentak 2018 di Ciayumajakuning memberikan kontribusi juga bagi pertumbuhan perkonomian. Dampak yang ditimbulkan di tahun politik berupa kegiatan produksi seperti pembuatan kaos, spanduk, seragam, pamflet dan lain sebagainya akan mengalami peningkatan omzet.

"Likuiditas ekonomi masyarakat untuk keperluan kampanye dan lain sebagainya akan bertambah dengan begitu adanya kegiatan belanja berdampak pada tambahan produksi yang akan naik," ungkap Majid. 

Majid menjelaskan di samping itu semua, terdapat tantangan utama yakni bagaimana dengan adanya Pilkada ini bisa menghasilkan pemimpin yang mempunyai komitmen baik untuk mendorong iklim investasi dan ekonomi di Ciayumajakuning

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar