PT KAI Daop 3 Siapkan Sarana Penunjang Jelang Natal dan Tahun Baru

  Jumat, 22 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Kepala PT KAI DAOP 3 Cirebon, Rusi Haryono saat ditemui awak media di Kantor PT KAI Cirebon, Jumat (22/12). (AyoCirebon/Faqih Rohman)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon sudah mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang jelang Operasi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Daop 3 Cirebon, Rusi Haryono mengatakan, persiapan tersebut sudah dilakukannya sejak sepekan yang lalu. Adapun sarana yang dipersiapkan pihaknya seperti lokomotif dan kereta api, sedangkan untuk prasarana menyangkut kondisi stasiun, trek, rel kereta api, dan persinyalan.

"Hasilnya aman dan siap untuk dioperasikan," ujarnya kepada awak media usai apel kesiapan di Kantor PT KAI Daop 3 Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Dalam pengamanan di Daop 3 Cirebon, Polisis Khusus Kereta Api (Polsuska) akan dibantu oleh unsur polisi, polisi militer dari Kodim dan Lanal Cirebon, serta Koramil setempat.

Ada enam titik rawan yang ditemukan di wilayah Daop 3 Cirebon. Semuanya, kata Rusi, disebabkan oleh kondisi tanah yang labil. Namun untuk mengantisipasinya, pihaknya telah memasang patok dan melakukan perbaikan di titik-titik tersebut. Selain itu, pihaknya juga menempatkan penjaga dan pengawas dalam jumlah ekstra.

"Ada kontrol ekstra untuk perlintasan yang rawan. Karena banyak yang melewati, kita pasang personel ekstra sebanyak 35 penjaga lintas jalan (PJL) dan 54 petugas penilik jalan(PPJ)," paparnya.

Sementara itu, terkait penutupan jalur sebidang yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Tahapan penutupan jalur sebidang pertama dipersempit hanya untuk dilewati masyarakat yang menggunakan sepeda dan becak dan akan dibangun lorong penyeberangan seperti underpass," pungkas Rusi. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar