Kapolres Cirebon Kota Larang Ormas Sweeping Atribut Natal

  Jumat, 22 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid. (Faqih Rohman/ayobandung)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid mengimbau ormas tertentu agar tidak melakukan sweaping atribut natal karena tidak ada kewenangan untuk melakukan hal tersebut. 

"Saya imbau pada ormas tertentu yang mempunyai track record melakukan sweeping, jangan melakukan hal tersebut," ujarnya kepada Ayocirebon, Kamis (21/12/2017).

Adi mengatakan memang betul ada himbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat kepada umat Islam untuk tidak menggunakan atribut natal dengan alasan apapun, namun larangan tersebut tidak menjadikan tindakan sweeping dibenarkan.

Lanjutnya, ia telah berkoordinasi dengan mal dan pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Cirebon supaya tidak memaksakan para pegawainya memakai atribut natal.

"Kita sudah imbau terkait penggunaan atribut natal, dan sampai saat ini sinergi kita (polisi) dengan pihak mal dan para ormas sudah terjalin baik," kata Adi. 

Bila ormas menemukan adanya paksaan penggunaan atribut natal, sebaiknya itu dikomunikasikan atau dilaporkan ke polisi agar diadakan mediasi antar kedua belah pihak dan jangan bergerak sendiri karena itu bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Justru kami senang dibantu mereka (ormas) tapi mereka tidak boleh gerak sendiri cukup informasikan saja. Saya jamin di wilayah hukum Polres Cirebon Kota tidak tidak ada sweeping," papar Adi. 

Adi pun mengancam bila ada ormas yang melakukan sweeping dan membuat kegaduhan, pihaknya akan melakukan tindakan hukum tegas agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar