Mendagri: Nelayan adalah Pemberdaya Potensi Kelautan dan Kemaritiman Indonesia

  Rabu, 13 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tjahjo Kumolo

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan publik, kalangan nelayan merupakan pemberdaya potensi kelautan dan kemaritiman Indonesia. Eksistensinya berperan besar dalam mengoptimalkan potensi laut Indonesia.

"Nelayanlah yang memberdayakan kemaritiman dan kelautan kita," ujarnya kepada para awak media usai acara Peringatan Hari Nusantara di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Rabu (13/12/2017).

Ia meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan nelayan dan mengupayakan peningkatan kesejahteraannya. "Tanggung jawab bersama pemerintah harus memperhatikan potensi nelayan daerah dan meningkatan kesejahteraannya," ungkapnya.

Ia pun menjelaskan pesan dari hari Nusantara 2017 adalah membangun gotong royong antarmasyarakat nelayan, TNI, dan pemerintah agar tercipta sinergisme.

Disebutkan juga, TNI AL pun mempunyai peran serta mengamankan wilayah dan membantu nelayan bila mengalami masalah ketika berlayar semisal ketika terjadi kecelakaan perahu nelayan. 

Soal pencurian ikan oleh nelayan asing, Tjahjo  mengatakan pemerintah sudah bersikap tegas atas hal itu dengan memberikanan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. 

"Pemerintah menanggapi pencuri ikan harus kita sikat, intinya bukan jumlahnya berapa yang telah dimusnahkan tapi komitmen pemerintah ingin jaga kelauatan dengan segala isinya," pungkasnya. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar