Kejari Kota Cirebon Musnahkan Barang Bukti Hasil Sitaan

  Selasa, 12 Desember 2017   Faqih Rohman Syafei
Kepala Kejari Kota Cirebon Arifin Hamid, Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis, dan Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid membakar sejumlah barang bukti hasil sitaan petugas di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Selasa (12/12/2017). (AyoCirebon/Faqih Rohman)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Kejaksaan Negeri Kota Cirebon melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti ilegal hasil sitaan petugas di halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Kota di Cirebon, Selasa (12/12/2017).

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Arifin Hamid mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini merupakan hasil sitaan petugas pada periode bulan April hingga Desember 2017. Berdasarkan keputusan pengadilan dan undang-undang, barang-barang tersebut wajib untuk dimusnahkan. 

"Semua yang kita musnahkan di tahun 2017 ini adalah barang bukti yang punya kekuatan hukum tetap karena sudah inkrah berdasarkan keputusan pengadilan," ujarnya kepada awak media, Selasa (12/12/2017).

Ia menjelaskan, berdasarakan data yang ada, jumlah barang bukti sitaan pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. "Meningkat setiap tahunnya dengan peningkatan itu kejahatan akan semakin kita minimalkan," ungkap Arifin. 

Selanjutnya, ia juga berterimakasih karena berkat kerja sama antar-instansi terkait, kasus-kasus ini bisa terungkap. "Temuan besar dari BNN yang diserahkan kepada Polres Cirebon Kota lalu diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Kota Cirebon untuk dimusnahkan, ini adalah kerjasama yang baik antar instansi," ucapnya 

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis menuturkan, banyaknya barang bukti yang disita ini menunjukan kesigapan daripada kejaksaan dan polisi yang meningkat dari tahun ke tahun.

"Buktinya banyak yang tertangkap. Ini kehebatan polisi dan kejaksaan meningkat, ini tidak menunjukan banyaknya kejahatan tetapi meningkatnya kemampuan dalam menangkap para penjahat ini seperti yang saya lihat," paparnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar